Sunday, December 16, 2018

Bahagia itu sederhana


Banyak orang yang merasa hidupnya gak bahagia?! Mungkin seperti loe ? Gue ? Kita ? Yap. Beberapa orang menilai kebahagiaan berdasarkan pencapaian yang sudah didapatkannya. Ada yang bilang akan bahagia kalau sudah punya rumah mewah, akan bahagia kalau sudah lulus S2, akan bahagia kalau sudah punya suami. Dude, itu namanya pencapaian, bukan kebahagiaan !

Then, lalu sebenarnya apa arti kebahagiaan? 
Bahagia, atau happiness, kalau diterjemahin dalam kurang lebih seperti Kebahagiaan atau kegembiraan adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kecukupan hingga kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan, atau kegembiraan yang intens. Berbagai pendekatan filsafat, agama, psikologi, dan biologi telah dilakukan untuk mendefinisikan kebahagiaan dan menentukan sumbernya. (Sumber Wikipedia).

Kalau singkat kata, menurut gue sih kebahagiaan itu adalah mental state-- yang artinya semua bersumber dari pemikiran kita. Otak kita yang mengatur. Ya berarti diri kita sendiri yang mengatur kita mau bahagia atau enggak.

Misalnya saja, situasi dimana loe capeeeek banget. Seharian nyuci, ngepel, jemur pakaian, setrika, bersihin kamar mandi, masak, cuci karpet, beberes rumah, cuci sepatu, dan lain sebagaiannya. Kebanyang donk gimana capeknya-- kalau kata ibu-ibu sih, kecil gawean sehari-hari hehehehe. Nah, disaat kita lagi capek secapek-capeknya badan, eh tiba-tiba ada suami yang dateng bawa martabak telur kesukaan loe. Bahagian gak hidup loe ?!

Nah, kurang lebih gitu, saat sesuatu yang merelease otak kita diantara semua kepenatan yang kita jalanin sehari-hari muncul, biasanya kita merasakan kebahagiaan.

Contoh dramatisnya lagi misalnya, ketika loe capek seharian. Bangun pagi, desek-desekan di comutter line, kaki loe diinjek, bau ketek dimana-mana, baju udah awut-awutan, nunggu ojeg kagak dateng-dateng, sampe kantor telat, sama atasan ditinggal meeting, mau makan siang ngantri nungguin lift, sore-sore mau nyante donk ngopi bentaran eh kopinya abis, minta temen nggak ada yang punya. Pulang rencana mau teng Go setengah enam, eh jam lima lima belas menit hujan deres. Ah nekad lah, pengen pulang aja, nunggu ojek online lama banget dapetnya. Sekalinya dapet, abangnya nggak bawa jas hujan. Basah. Di Commuter line desek-desekan lagi, bau ketek bercampur baju basah kena hujan, belum ada orang bersin-bersin kena flu. Duh. Sampe di rumah, setelah lu buka pintu, ada suara langkah kaki kecil yang tiba-tiba dateng meluk loe sambil bilang "Ayah/Ibu pulang". Nyess nggak tuh hati loe ?!
Kayak, apapun yang loe alami seharian itu tiba-tiba ilang aja. Nggak ada yang terjadi. Well, I'm fine. Hahahahaha. Ya gitu lah.

Mungkin, kalau loe ngalamin kejadian seperti itu hampir setiap hari, dan akhirnya loe jadi kebal, well mungkin loe harus mulai memikirkan "Bagaimana jika" tiba-tiba loe dikasih kesempatan tidak mendapatkan pelukan itu 2 hari aja. Pasti loe bakal merindukan kejadian sehari-hari yang loe anggap biasa ini kan ?!

Begitulah kebahagiaan, kalau loe nggak bisa appreciate setiap hal kecil yang terjadi dalam Hidup loe, loe juga akan mulai kehilangan kebahagiaan di hidup loe. Gitu sih kata pepatah.

Well, gue nggak tau sih, berapa lama wikipedia menterjemahkan kata "Kebahagiaan" yang menurut gue abstrak banget artinya. Dan loe sendiri yang sebenernya kudu merasakan arti kebahagiaan baru lu paham artinya apa.

Dan kebanyang nggak sih loe, kalau loe terlalu sering melewatkan kebahagiaan-kebahagiaan kecil yang tiap hari sebenernya loe bisa rasain?

Nah, ada beberapa alternatif cara yang gue bakal saranin ke loe, kalau loe ternyata udah berada dalam fase kebal ini. Caranya gimana ?

1. Membiarkan diri loe tersenyum dan ketawa.

Kalau loe capek sama kehidupan yang loe jalanan, jangan terlalu capek untuk mencari tahu apa sumber penyebab semua ini. Otak loe tu lagi capek, biarin dia istirahat dulu sebentar. Cara instan loe bahagia adalah nonton film komedi atau baca buku komedi. Loe nonton deh video Stand Up Comedy, atau acara apa yang lucunya receh lah. Sekalinya loe ketawa, otak loe akan menstimulus "ketagihan ketawa" yang loe bakal nyari saat loe merasa bosen lagi. Dengan nonton video lucu seperti sitkom Keluarga Badak misalnya, loe juga bakal bisa bahagia lagi (walau mungkin setelah nonton loe bisa bete lagi) hahahhahaha.


2. Ketika loe mulai tenang, cari tau kenapa loe begini.

Luangin waktu deh, malem sebelum tidur. Merenungi kehidupan loe. Wkwkwkwk, bukan arti negatif ya. Sebelum loe berdoa, loe tidur, pernah gak loe bertanya sama diri loe, apa yang sudah loe lakukan seharian ini? Apa yang bikin loe nyesel ? Apa yang bikin loe ketawa ? Apa yang mungkin punya potensi loe bahagia. Akan lebih baik kalau loe menulis semua hasil perenungan loe ini dengan diary. Kalau loe males nulis, rekam aja. Simpen. Setelah seminggu loe lakukan ini, coba dengerin lagi disaat yang lebih santai. Dalam seminggu loe dah ngalamin hal apa aja sih ?! Intinya kalau loe sadar dengan apa yang loe jalanin dalam kehidupan loe, loe akan mulai menerima diri loe sendiri. Misal, loe bosan dengan pekerjaan loe sehari-hari. Mau apa? Cari kerjaan lagi ? Udah sih, cuman belum ada yang cocok ? Ya udah kalau gitu sambil berusaha nyari yang lain, loe mulai nyari hal positif apa sih yang loe punya tentang pekerjaan loe? Misal, yah walaupun bosen sama pekerjaan itu, tapi temen-temen kantornya asik, dan lain sebagainya. Syukurilah hal itu, dan maksimalkan rasa syukur itu dengan berinteraksi dengan teman kerja yang bisa bikin kamu bahagia. Memiliki rasa syukur itu juga bentuk kebahagiaan lho !

3. Kasih perhatian ke diri loe sendiri.

Loe sadar nih, lagi desperate sama pekerjaan loe. Satu-satunya jalan (menurut loe) adalah pindah kerja. Tapi loe belum berhasil, karena belum ada yang sesuai dengan ekspektasi loe. Loe harus bikin aktivitas / kegiatan yang menyenangkan hati loe. Misal, Loe cari komunitas temen-temen di bidang tertentu yang mungkin bisa meningkatkan networking loe menemukan opportunity baru. Selain bisa ngobrol, loe juga bisa menimba pengalaman bahkan mungkin insight dari orang baru ini. Atau, seminggu sekali, selepas jam kantor, loe lakukan aktivitas hobi. Kasih diri loe sendiri kesempatan untuk beristirahat. Dia juga butuh break coey ! Yakin, kalau loe kasih hadiah ke diri loe sendiri, dia juga akan berbahagaia dengan sendirinya.

4. Selalu beryukur.

Cliche sih emang. Tapi cuman ini caranya manjur untuk loe mengajarkan kebahagiaan ke diri loe sendiri. Beda deh rasanya, ketika loe seharian ngomel-ngomel, nyinyirin orang, julid ke temen sendiri. Makin loe lakuin, rasanya makin gampang emosi kan loe ?! Beda hal nya kalau loe belajar mengucap syukur. Alhamdulillah, walaupun naik kreta desek-desekan, tapi masih bisa irit modal belanja onlineshop wkwkwkwkwkwk. Puji Tuhan, walau pun bau ketek dimana-mana, masih bisa dapet duduk dari pada sejam berdiri. Alhamdulillah walaupun walaupun naik ojek ke kantor, cuaca hari ini masih cerah ceria. Makin banyak yang loe appreciate, makin positif hidup loe. Makin lama loe akan mulai menjadi lebih peka soal kebahagiaan ini. Oh iya ya, untung loh, gue naik commuter line ke kantor, selain hemat, belum tentu juga gue kuat nyetir sendirian menghadapi macet. Lebih pegel. Dan lain sebagainya, yang lama-lama akan menDirect loe untuk merasa bahagia dan beruntung.

5. Mencari Aktivitas yang positif.

Ada beberapa kejadian yang ada dalam kehidupan kita yang memang sama sekali nggak bisa kita rubah. Kejadian yang nggak enak ini, tetap harus dijalani sampai situasinya lebih baik. Tapi kalau kita nggak ngapa-ngapain kan rasanya juga nggak enak ya cuey. Jadi, tetaplah sibuk dengan aktivitas yang positif. Misalnya dengan gabung di komunitas hobi, belajar memperdalam ilmu yang kamu pengen tau. Kelilingilah diri loe dengan orang-orang yang positif, karena energi positif itu juga akan nular dengan sendirinya. Orang-orang yang bersemangan dan memiliki passion dengan apa yang dikerjakannya, akan membuat loe juga merasa terinspirasi. Sehingga lama-lama loe jadi makin sadar, bahwa loe bisa bersyukur dengan kondisi loe sekarang dan bahagia lagi ?!

Nggak susah kan menjadi bahagia itu ?!
Jadi kalau loe tanya, apa yang membuat gue bahagia ?! Sumpah ! Rambut gue harum wangi semerbak sepanjang hari aja bisa bikin gue bahagia banget cuey ! Nikmat apalagi yang akan kamu dustakan ?!



No comments:

Post a Comment

Silakkan Subscribe untuk menuliskan komentar.

Note: Only a member of this blog may post a comment.