Sunday, December 16, 2018

Barang yang dikoleksi di Rumah


Kamu punya barang koleksi apa di rumah ? Lipstik ? Skincare ? Masker ? Duh, mainstream ! Hahahahahaha.
Aku punya barang koleksi lain, yang rada nggak umum, yang bisa bikin kamu nggak percaya! Yap, aku koleksi plastik sampah ! Hahahahahahahaha.

Jadi ceritanya, aku tu tipe orang yang sok-sok peduli lingkungan gitu. Yang suka kasian kalau liat ada banyak sampah plastik yang ngga bisa dengan mudah di daur ulang. Dan ini sebenernya kejadian sama semua plastik koleksiku. Ada beberapa plastik yang aku (nggak) sengaja simpan dari pertama kali kerja sampai sekarang, dan masih aja cakep bentuknya sama persis seperti pertama kali aku lipat. Nggak semua plastik aku simpan lho, yang masih cakep-cakep aja dan yang ukurannya cenderung besar-besar. Plastik Ace Hardware, plastik Metro, plastik Lotte, pokoknya plastik jumbo yang cuma dipakai sekali.

Aku tuh ya sebenernya, udah dari 8 tahun lalu niat banget untuk mengurangi plastik. Hanya saja, ada beberapa situasi, tempat belanja, yang tidak memungkinkan kita minta kardus atau langsung di hand carry. Misalnya aja aku beli oleh-oleh di bandara, koper udah masuk di bagasi, cuma tinggal bawa tas tenteng, tiba-tiba ngeliat ada toko oleh-oleh nih-- mampirlah-- dan dapet tas plastik. Dan begitu seterusnya. Untuk mengurasi rasa bersalah, aku simpanlah baik-baik itu kresek. Di pikiranku, aku pasti akan perlu kresek ini suatu saat nanti dengan bentuk yang lain dan cara yang lain.

Begitu terus aku berpikir, sampai tidak terasa, koleksi kresekku sudah menggunung. Aku inget yah, dulu pernah aku foto-- cuma lupa dimana ya nyimpennya. Aku tuh sampai punya kresek sekamar kos (ukuran 3 x 2,5 m) FULL ! Mulai dari kresek kecil , kresek gede, sampai kresek jumbo. 

Dan, pemikiran itu bertahun-tahun aku lakukan. Sampe dulu ya, aku minta tolong temenku buat pindahan kos, cuma 2 orang. Dia bilang "Mbak, ini bawanya mau pakai apa?" Aku senyum-senyum sambil ngeluarin semua koleksi kresekku. Dia cuma melongo sambil beberes lagi. Pas kreseknya udah mulai full dia bilang "Keluarin aja mbak semua koleksi kresekmu!" Wakakakakakak.

Dan, mulai terkenal lah sejak saat itu aku sebagai pengumpul kresek. Jadi, sampai setiap orang belanja dengan kresek besar, selalu nawarin ke aku mau adopsi kresek itu nggak. Hahahahahaha kocak deh.

Sekarang ?

Enggak ! Aku sudah mulai sangat jauh mengurangi penggunaan plastik. Aku mulai berpikir untuk tidak lagi menerima kresek. Jadi sebetulnya, bukan mengumpulkan kresek lah yang akan mengurangi sampah plastik. Tapi dimulai dengan keberanian kita menolak kehadirannya. Apa sih ?!

Aku ngga selalu sedia tas portable itu lho. Aku pernah beli satu tas lipat yang buat nenteng belanjaan,  sumpah desainnya cakep baget!. Tapi dasar dodolnya, aku selalu bawa itu tas tapi selalu juga lupa pakainya. Waktu tuker kado di kantor dulu pernah juga dapat tas portable 2 biji. Ujung-ujungnya, cuma disimpan di rumah dengan rapih aja.

Jadi sekarang, aku selalu bawa tas agak gede. Kalau jajan dan belanja di supermarket / minimarket, aku akan pakai tas ku untuk masukin semua belanjaan itu. Kalau belanjaannya super banyak, aku biasanya minta kardus aja. Jadi, kadang kalau belanja dan dikasih kresek, biasanya aku balikin itu kresek "Mbak maaf ya, ngga usah pake plastik, saya bawa aja sendiri"

Jadi, kamu punya koleksi lebih absurd lagi dari aku ?!

No comments:

Post a Comment

Silakkan Subscribe untuk menuliskan komentar.

Note: Only a member of this blog may post a comment.