Friday, November 3, 2017

Tiket Pesawat Namanya beda dengan KTP

Tiket pesawat Anda namanya beda dengan nama di KTP ?

Saya mau bercerita pengalaman saya terakhir menggunakan pesawat Ci**link

Minggu ini saya melakukan perjalanan ke luar kota. Kebetulan saya harus merubah jadwal perjalanan saya. Rencananya, saya akan kembali ke Jakarta hari Kamis, 2 November 2017 namun harus berubah menjadi hari sebelumnya.

Saya memesan tiket pesawat secara pribadi melalui aplikasi online Tra****ka, namun karena saya terburu-buru memesan (waktu itu situasinya agak crowded, saya sudah ada di stasiun dan kereta saya kebetulan sudah datang) akhirnya saya harus membetulkan data diri. Di situ saya pikir, saya sedang membetulkan data, tapi ternyata justru saya melakukan kesalahan.

Di dalam pemesanan tiket, ada beberapa aturan yang berlaku :
1. Kalau nama Anda terdiri dari 3 kata, maka nama yang tertera pada tiket juga harus sesuai dengan ktp Anda -- misalnya Indah Permata Arti - maka nama KTP dan Tiket juga harus sama.
2. Kalau nama Anda terdiri dari 2 suku kata saja, maka namanya juga harus sama antara KTP dan Tiket - misal Indah Permata
3. Kalau nama Anda terdiri dari 1 suku kata, maka kata berikutnya akan mengulangi nama Anda - misal nama di KTP Indah maka di tiket namanya akan Indah, Indah.


Nah, kesalahan saya adalah : nama saya terdiri dari 3 suku kata dan yang tercetak di tiket hanya 1 kata pertama.

Hal ini bisa terjadi karena di awal waktu saya input nama, saya hanya mencantumkan nama depan saja. Jadi secara sistem aplikasi nama saya tertulis Ms. Indah, Indah (seharusnya Indah Permata Arti).

Tiket sudah dibeli, dan e ticket sudah terbit, sementara kesalahan baru saya sadari ketika saya akan melakukan web check in. Waktu saya cari di web dengan nama akhir Arti, saya tidak menemukan tiket saya. Beberapa kali kemudian waktu saya ganti dengan nama depan saya "Indah" maka tiket saya baru ditemukan. Wah disaster.

Dan benar juga, eticket saya tertulis Ms Indah, Indah -- berbeda dengan KTP saya dengan nama Indah Permata Arti. Karena saya takut tidak dapat naik pesawat, akhirnya saya coba browsing sana sini untuk mencari tau, apakah kalau nama di tiket pewasat berbeda dengan KTP penumpang masih bisa naik. Tidak banyak artikel yang membantu (menurut saya), karena kebanyakan artikel hanya menjelaskan bahwa pada intinya nama di tiket pesawat tidak boleh berbeda dengan KTP. Saya menjadi panik, kemudian saya menemukan artikel lain yang menyebutkan ada beberapa maskapai penerbangan yang kalau mau mengganti nama ada yang bisa ada yang dikenakan biaya, ada yang tidak bisa. Waduh, makin panik lah saya. Jalan terakhir (pikir saya waktu itu), adalah menghubungi call center maskapai penerbangan).

Namun apalah daya, ternyata menghubungi customer service maskapai sama sekali tidak membantu, malah cenderung menajadi tambah panik. Mbak-mbak customer service hanya bilang "Kalau nama ibu Indah Permata Arti, dan di tiket hanya tertulis Indah, Indah maka sebetulnya namanya berbeda sekali dengan KTP ya ibu yaaa.... Jadi semuanya kami serahkan pada otoritas bandara saja ibu". Jujur, saat itu, saya kesal sekali, karena yang sebetulnya kami penumpang butuhkan adalah solusi bukan ? Kalau hanya kesimpulan berbeda toh kami juga tau, tapi kalau jawabannya otoritas bandara- apa yang harus saya lakukan ?

Jadi kesimpulannya adalah begini :
Jika nama Anda di tiket tidak sama dengan KTP, maka sifatnya adalah pasrah. Terlebih ketika eticket sudah tercetak. Berharap saja pihak bandara tidak terlalu mempermasalahkannya dan Anda masih bisa terbang.

Tetapiiii
ternyata keberuntungan ada di pihak saya. Hari itu saya masih bisa terbang. Syukur Puji Tuhan.

Kenapa ?
1. Saya menunjukkan eticket yang saya dapat dari aplikasi -- Jadi mungkin petugas di pintu masuk hanya mengecek jadwal penerbangan saya jam berapa dan maskapai apa. Gitu saja.
2. Saya sudah webcheck in lebih dahulu di rumah dan tidak menitipkan bagasi, sehingga sifatnya saya hanya tinggal mencetak tiket di counter. Lalu petugas menunjukkan saya harus menunggu pesawat di pintu berapa.
3. Petugas naik pesawat hanya mengecek nomer tempat duduk ketika kita mau naik pesawat. Dia tidak benar-benar memperhatikan ktp lagi.

Jadilah, setiap petugas yang memeriksa nama ktp dan tiket tidak terlalu mempermasalahkan perbedaan ini.

Tapi, SAYA TIDAK MENYARANKAN ANDA mengalami masalah ini. SEBAIKNYA ketika membeli tiket memang harus double bahkan triple cek untuk memastikan kesamaan nama.

Cuma, kalau sudah terlanjur begitu, minimal kita tetap tenang dan berharap pada yang di Atas.

Apakah artikel ini cukup membantu ?

Hahaha, mudah-mudahan membantu. Karena pada prinsipnya, saya menyadari kesalahan nama pada tiket saya, tapi di situasi ini kita sebagai konsumen belum mendapat perlindungan terhadap "hak"nya yaa.. Jadi gimana lagi ??

Apa resikonya kalau nama di tiket berbeda dengan KTP ?
Kalau ada apa-apa di "atas" sana kita tidak bisa klaim asuransi dan bisa dianggap sebagai "orang hilang"

Cumaaa, sekali lagi. Kalau begini gimana ?

Kalau boleh sekedar saran, seharusnya pihak maskapai bisa memperbaiki sistemnya ya. Nama yang berbeda (tetapi tidak signifikan) seperti yang saya alami, harusnya bisa diakomodir untuk bisa diganti- yang penting penumpang bisa menunjukkan nomer ktp saat pemesanan dengan nomer ktp saat permintaan penggantian nama tetap sama (jadi bukan tiket pindah tangan ya).

Begitulah pengalaman saya.
Semoga Anda tidak mengalami pengalaman yang kurang menyenangkan terkait dengan perbedaan nama ini.

2 comments:

  1. Sangat membantu.... terima kasih atas ceritanya... semoga saya juga mendapatkan keberuntungan yang sama. Intinya saya harus check in online duluan kan

    ReplyDelete
  2. Yup.. Online check in bisa meminimalisir pengecekan berulang...
    Mungkin kalau nanti sistem sudah lebih baik bisa merubah nama

    ReplyDelete

Silakkan Subscribe untuk menuliskan komentar.

Note: Only a member of this blog may post a comment.