Saturday, November 24, 2018

Jadi Blogger, juga harus belajar marketing lewat Media Sosial !

Yap, this is #BPN30DaysBlog Challenge and this is 5th Days

Then, setelah aku sharing tentang Pentingnya bergabung dengan Komunitas Blog dan Bagaimana cara menentukan judul blog, hari ini aku akan sharing mengenai pentingnya media sosial.

gambar media sosial

Ada beberapa orang yang mungkin belum cukup percaya diri untuk menghubungkan account media sosialnya dengan web atau blog yang dibikinnya.

Padahal ada banyak keuntungan menghubungkan account media sosial yang kita punya dengan blog kita.

Account Media sosial sebagai Marketer.

Dari sekian banyak manfaat menghubungkan account media sosial dengan blog yang kita punya, alasan yang utama dan pertama adalah Media sosial adalah tempat kita mempromosikan tulisan di blog kita. Sadar ngga sadar, kamu generasi jaman now pasti punya ratusan bahkan ribuan follower di account Instagram kamu, atau jutaan friends di account Facebook kamu. Mau ada di Facebook, Instagram, Google plus (selama belum di tutup ya hihihihi) atau yang lainnya, semuanya sah-sah saja. Sekian banyaknya teman yang kamu punya di account media sosial tersebut, kamu bisa jadikan mereka sebagai pembaca tetap blog kamu.

Indonesia di media sosial

Web atau blog kita itu, kalau aku asumsikan ya seperti seeokor semut yang ada di Benua Amerika. Coba deh, kamu cari semut item kecil yang ada bintik-bintik putihnya se benua Amerika wkkwkwkwkwkwkwk. Susah kaaann.. Begitu juga dengan web atau blog mu. Ada begitu banyak semut yang hidup di Benua Amerika sana, dan orang-orang Indonesia diminta cari seekor semut yang aku deskripsikan tadi. Ya kaliii, ye kaan.

Misalnya, kalau kamu nulis tentang "Makanan tradisional yang enak dan murah". Di laman search engine, akan muncul jutaan bahkan ratusan juta tulisan yang terkait dengan "makanan tradisional yang enak dan murah" Betul Nggak ?! Dari sekian banyak tulisan tentang tema yang udah kamu kupas habis blog, belum tentu tulisanmu akan langsung naik ke halaman pertama search engine . Yas, itu susah banget, I can feel you !

Aku sendiri pernah diajarin dan belajar mengenai SEO content seperti itu, dan complicated lah. Hahahahahaha. Nah, salah satu cara short cut supaya blog kamu bisa nampil di halaman pertama search engine dan ramai dikunjungi pembaca, adalah dengan mempromosikan tulisanmu di media sosial.

Ada banyak media sosial, harus pilih yang mana ?
Ada banyak media sosial yang ada. Mulai dari tik tok, facebook, instagram, path, google plus, WhatsApp, Youtube, Twitter, dan lain sebagainya. Dari sekian banyaknya media sosial, kamu bisa pilih media mana yang interaktif dan atraktif supaya kamu bisa mempromosikan tulisanmu secara gratis.

infografis facebook

Namun, pastikan, bahwa promo yang kita buat, tidak mengganggu kepentingan orang lain. 

Kalau saya ?
Saya pilih 4 media sosial yaitu Facebook (Fanpage), Instagram, Twitter dan Google Plus. Alasannya simple, selain banyak teman yang pakai, kemungkinan untuk muncul di search engine juga lebih mudah. Supaya gampang dicari, tambahkan tagar saja setiap kita mau promote tulisan yang baru kita buat di blog.

Jadi, kalau kamu belum jago-jago banget bikin SEO, kehadiran media sosial ini akan sangat membantu. Ditambah lagi, kalau mau ikutan kontes-kontes dan lomba, salah satu persyaratan yang biasanya diminta adalah artikel yang kamu buat sudah dishare berapa kali di media sosial.

Nah, media sosial bukan cuma media komunikasi yang unfaedah ya shay. Media sosial tuh berfungsi banget buat promosiin blog atau web kamu.

Coba deh cek, sudah seberapa aktif kamu menggunakan media sosial untuk mempromosikan tulisanmu?

No comments:

Post a Comment

Silakkan Subscribe untuk menuliskan komentar.

Note: Only a member of this blog may post a comment.