Sunday, November 25, 2018

Apa yang dibutuhkan sebagai seorang Blogger ?!

Yes, this is #BPN30dayChallenge2018

Dan kali ini kita akan membahas karakter seperti apa yang dibutuhkan seorang blogger. 
karakter yang harus dimiliki seorang blogger

Kalau orang bilang jadi blogger itu gampang, hhmm yah... menulis di blog aja sih gampang, tapi tantangannya muncul ketika kamu mulai monetize blogmu. Sama seperti kalau kita nonton channel youtube, ya kan ?! Kayaknya cuma cuap-cuap "Halo gaes, ketemu lagi sama aku dan kita akan unboxing produk ini dan itu..." terus dapet duit deh. Nggak butuh waktu lama tiba-tiba kamu liat uploadan video yang latar belakangnya udah berubah. Dari studio kos kecil jadi studio apartemen.

Well, apa yang tampil di depan layar mu ngga semudah yang kamu pikirkan.

Seperti, orang kalau mau jadi manager, ya harus dimulai dari melamar kerja dulu. Melamar kerja, ditolak perusahaan, ngelamar lagi, terus interview, terus psikotes, terus offering salary, terus kerja, terus naik jabatan jadi staf, terus training, terus assessment, barulah kalau cocok jadi manager kalau nggak cocok kamu cari perusahaan lain. Wkwkwkwkwkwkwk.

Jadi blogger atau youtube juga ada career pathnya. Kalau Youtube, career pathnya bisa keliatan lebih jelas. Mulai dari apply account youtube, bikin content, ngumpulin views, ngumpulin subscriber,  dafter Adsense, ngumpulin play button (silver, emas, sampe platinum), ngumpulin edorsement. Dan taraaaa kamu sudah jadi Youtuber famous. 

Dan apakah Blogger juga sama ?! Unfortunately tidak ! Wakakakakakak.
Menurutku, career path searing blogger ngga semulus itu. Mau duit gede atau kecil, dia sendiri yang harus memutuskan langkahnya. 

Dan inilah, karakter blogger, yang ada di dalam diriku, yang kudu kalian asah, kalau kita mau serius nge Blog.

Seorang Blogger kudu :

1. Rajin membaca
    Ini kualitas diri Blogger yang pertama dan utama. Kenapa? Karena untuk bisa membuat konten yang baik, dia harus punya experience yang banyak saat membaca. Nggak banyak orang yang bisa menulis sekaligus menghibur pembacanya. Jadi, kalau kamu tau rasanya jadi pembaca yang membaca tulisan lebay dan alay bin nggak asik, kamu akan lebih baik dalam membuat tulisan nanti. Ya kan ?!
contoh google analtytics
Blogger kudu banyak baca supaya paham arti grafik-grafik ini

Tingkat kerajinan membaca seorang blogger ini harus ada di level "SAVAGE". Yap. Kenapa gitu? Karena semua kesempatan yang ada di dunia blogging itu biasanya dalam bentuk tulisan. Kamu mau join contest, kamu mau join Ads, kamu mau join community, mostly tersaji dalam tulisan.

Bahkan pada saat kamu usaha untuk ningkatin traffic blog kamu, kamu bisa pakai cara BLOG WALKING, yang artinya kamu kudu membaca tulisan blogger orang lain.

2. Bisa menceritakan dengan baik melalui tulisan
      Kemampuan ini yang agak susah diterapkan, namun bisa dipelajari. Kamu menceritakan segala sesuatu yang kamu rasakan, kamu lihat, bahkan kamu dengar lewat tulisan. Biasanya kita sering terjebak dalam ketidak sabaran dalam membuat tulisan. Yang penting cepet kelar.

Padahal, semakin dalam kamu membuat tulisan, semakin senang pembaca blog kamu. Coba deh, kalau kamu menuliskan pengalaman travelling kamu ke Semeru. Satu pengalaman saja bisa jadi tulisan yang panjang saat kamu mecnceritakan pengalamanmu ke orang lain. Ya, seperti photographer yang menceritakan indahnya Gunung Semeru dalam sebuah karya photographynya. Dia butuh kamera yang baik, pencahayaan yang baik, momen yang tepat, dan skill photography yang mumpuni.

Begitu juga kamu dalam menulis. Kamu butuh keahlian menulis dan tentu saja kesabaran.

3. Pantang menyerah ikut kontes

ikutan lomba blog

    Inget, kalau kamu ngeBlog cuma buat hobi saja, titik. Kamu ngga perlu naik level ke tahap ini. Tapi biasanya, orang kalau udah hobi ngga dijadiin duit, kayak kepalang tanggung yah. Kayak kamu udah mules-mules melilit tapi ga bisa cepet-cepet ke toilet. wkwkwkwkwk.

Mengikuti kontes, selain bisa mendapatkan penghasilan, bisa jadi ajang improvement kamu dalam mengelola sebuah blog. Kontes bukan soal seberapa banyak tulisanmu dibaca atau di share. Tapi kontes juga bisa ngukur seberapa baik sih kemampuan kamu dalam menulis. Saat mengikuti suatu kontes, kontent tulisan kita juga dinilai oleh beberapa orang ahli.

Nah, beberapa Blogger pemula biasanya cepet baper kalau kalah dalam perlombaan Blog. Tapi kalau saya, makin banyak ikut kontes, makin sering ikut challenge, makin improve lah kemampuan kita menyajikan tulisan dan grafis yang menarik untuk kontent blog.

4. Nggak pernah lelah belajar 
    Gyaaaaaa..... kalau inget pertama kali aku kenalan dengan yang namanya Google Ads. Duh. Rasanya mual baca tulisan blogger-blogger lain. Banyak banget tulisan soal Google Adsense ini. Mulai dari tulisan Advertise doank, yang isinya kebanyakan zonk, sampe tulisan yang beneran ngasih tutorial. Dan mencoba Google Adsense ini tidak semudah itu sodara-sodara wkwkwkwkwk. Untuk nemplokin Ads dari Adsense ini ke wordpress aja butuh perjuangan. Hahahahaha. Dan kamu ngga boleh nyerah saat ngga paham saat membaca tutorial di Blog orang. Kamu juga kudu search di Youtube, Join community, Follow Account Official Account di Media Sosial dan lain sebagainya.

Itu baru satu tema ya. Belum yang lain. 

5. Paham dunia marketing.
    Ini nih yang kadang suka di skip. Kenapa aku masukin juga ke 5 karakter "KUDU". Marketing itu bukan cuma soal dagang asuransi men. Marketing itu adalah teknik. Gimana cara kita memasarkan tulisan kita supaya dibaca oleh banyak orang.

Pembaca tidak akan tiba-tiba berkunjung ke blog kita kalau kita ngga pernah share di media sosial. Hal ini jadi pengecualian kalau kamu jago banget SEO sehingga apapun tulisan yang kamu buat di blog akan langsung nongol di baris pertama search engine. Soal apa kegunaan media sosial sudah aku bahas di tulisan ini.

Fiiiuuuhhhh....

Ini bukan soal narsis yah, tapi ini adalah modal dasar kalau kita mau jadi Blogger professional. Untuk bahasan lain yang lebih rumit, kamu bisa search mesin pencari. Wkwkwkwkwk. Tapi mau secanggih apa ilmu kamu, kalau 5 karakter itu ngga kamu punya, well mungkin kamu ngga akan bertahan lama as blogger.

Semangat menulis !

No comments:

Post a Comment

Silakkan Subscribe untuk menuliskan komentar.

Note: Only a member of this blog may post a comment.