Friday, November 2, 2018

Cara menghilangkan jerawat dalam 30 hari

Yes, ini saatnya aku cerita lebih banyak mengenai bagaimana cara menghilangkan jerawat dalam 30 hari berdasarkan pengalamanku. Mau tau ?! Scroll terus yuk kebawah.

Kenapa aku jerawatan ?

Aku cerita dulu ya kenapa bisa jerawatan. Pada dasarnya kulit wajahku itu berminyak, dengan pori-pori yang cenderung besar. Jadi berapa kalipun aku cuci muka, minyak tetep aja nongol. Belum lagi kalau perempuan kan suka period yah, jerawatnya akan muncul lebih banyak lagi dan bisa jadi besar-besar. Jerawat besar yang ada matanya, kadang lebih gampang di treat dari pada jerawat yang gede tapi ngga ada matanya. Kalau orang bilang jerawat batu. Jerawat batu ini lebih sakit dan ngga bisa diapa-apain sendiri, kudu ke dokter. Kalau kamu ke dokter kulit, jerawat yang besar atau jerawat batu ini biasanya akan di treat dengan diberikan suntikan. Harga sekali suntik bisa bervariasi, ada yang mulai dari Rp 75.000 sampai Rp 750.000. Soal ampuhnya, ya pasti ampuh untuk mengempeskan jerawat. Tapi sering kali, bekas jerawatnya ngga mau hilang.

Jerawat di wajah
Ini saat aku breakout lepas krim dokter 😭


Pengalaman 1 : Menggunakan Krim Dokter
Tahun 2014-2016 aku menggunakan krim dokter. Kebetulan krim ini aku dapetin dari kenalanku, jadi waktu itu aku mikirnya kalau beli di dia gampang di kontak ngga usah pakai antri segala, krim bisa continu aku pakai. Sebetulnya sebelum 2014 ini aku juga menggunakan krim klinik kecantikan sih, cuma kalau dijabarin satu-satu kelamaan. Krim Dokter aku di tahun 2014 ini memang krim yang paling bagus aku pakai. Hasilnya bener-bener ampuh untuk menghilangkan jerawat. Kulitku jadi mulus banget dan kalau mau muncul jerawat sering kali jerawatnya takut sendiri buat nongol. Hihihihihihi.

facial murah
Maapkeun double chinnya.. hahaha


Krim yang aku pakai dari resep dokter ini antara lain ada serum, krim pagi, krim malam, dan sabun cuci mukanya juga. Serum dan krim malam harus selalu masuk kulkas, kalau enggak krimnya belum sebulan langsung kuning. 

Seiring waktu, kerjaan aku menuntut untuk traveling kemana-mana, jadi agak repot kalau harus membawa krim-krim yang masuk kulkas. Aku harus rajin mindahin krim ke botol yang lebih kecil, terus ngga boleh kena panas, kadang harus nitip kulkas hotel yang sering kali ribet bahkan ngga jarang jadi suka ketinggalan.

Karena lebih banyak ngga praktisnya, aku cobain produk-produk yang dijual di drug store. Kebetulan waktu itu kepepet juga karena ketinggalan krim pagi dan kulitku jadi kering karena AC, jadi aku memutuskan untuk memakai Pon*s sebagai pelembab harianku.
dan Taraaaaaa jerawat pun muncul lagi.

Pengalaman 2 : Rajin Treatment
Setelah pengalaman dengan pelembab produk drugstore yang bikin jerawatku muncul, akhirnya aku balik lagi telaten menggunakan krim dokter. Cuma, sekarang dosisnya lebih naik. Krimnya udah beda dari yang dulu pernah aku beli. Aku mulai browsing-browsing dan nanya ke temen-temenku soal kondisiku. Kebanyakan sharing dari mereka bilang kalau aku sudah ketagihan krim dokter, dan krim dokter emang ngga bisa dilepas.
facial treatment
Salah satu treatment wajah yang aku suka lakukan

Aku cuma mikir ya, kok kayaknya aku harus beli krim itu lagi krim itu lagi, aku juga kan pengen coba produk-produk lain. Sambil nekat cari produk-produk drugstore apa yang cocok, aku coba melepaskan krim-krim tadi pelan-pelan sambil tetap rajin melakukan perawatan wajah. Minimal aku rajin facial 2 minggu sekali supaya terbebas dari jerawat yang besar-besar.

Pengalaman 3 : Cobain skincare Korea
Karena belakangan Korean Wave lagi santer banget, dan mupenk nyobain produk skincare korea, aku jadi belajar dikit-dikit tentang produk Korea ini. Sedihnya, kebanyakan teman sebaya aku lebih cocok pakai krim dokter wkwkwkwkwkwk. Jadilah aku harus pedekate sama temen-temen kantor yang usianya beda 3-4 tahun dibawah aku, yang udah gape banget sama segala hal berbau Korea. Aku suka banget tuh nongkrong-nongkrong dengerin mereka membahas produk apa sih yang lagi bagus, dimulai dari make up sampai skincare. Beberapa kali aku disuruh coba produknya, sampe akhirnya aku memutuskan beli sendiri. Dulu ya, jujur, saking desperatenya aku sampe mau beli SK II FTE. Tapi temenku bilang kalau dia pakai dupenya SK II yang lebih murah dan hasilnya sama bagusnya. Ngga perlu mahal-mahal buat nyoba-nyoba skincare. Racun dia ternyata kuat banget hahahahaha, jadilah aku ikutan beli Secret Key Starting Treatment Essence. Aku juga nulis reviewnya di blog ini, klik aja tautannya. 
obat pemutih wajah
Ini before afternya aku pakai Secret Key STE

Pengalaman pertama dengan Secret Key STE inlah yang kemudian mengubah presepsiku soal skincare. Hasil aku menggunakan Secret Key STE ini luar biasa, dari yang awalnya galau arena jerawatan terus tiada henti, sampai aku tuh yakin sendiri sama diriku bahwa bener yah obat dokter itu ngga bisa dilepas girls! Ternyata semua dipatahkan oleh khasiat dari Secret Key STE ini.

Ngga disangka lho, jerawatku mulai pada kering sedikit-sedikit. Nah PR berikutnya adalah aku harus mencari obat jerawat yang ampuh untuk nyembuhi jerawat yang gede-gede. 

Ada beberapa produk yang aku pakai, ini bukan promosi, tapi pengalaman pribadi ya..

Pertama, aku cobain Acnes Sealing Gel. Produk Acnes untuk mengempiskan jerawat ini lumayan ampuh untuk mengatasi jerawat yang kecil-kecil. Jerawatnya yang ada matanya ya, kalau jerawat batu ngga bisa. Obat jerawat ini bentuknya gel lengket yang berwarna putih bening. Kelemahan produk ini adalah karena bentuknya gel bening ini jadi ngga bakal bisa ditimpa dengan make up. Bakala berasa aneh Girls ! Jadilah ini gel cuma bisa dipake malem doank, padahal kalau pas kerja kan kadang suka gatel ya jerawatnya, jadilah tanganku gerilya utak-atikin jerawat.

Kedua, aku comback ke Obat jerawat dari Larissa. Aku teringat akan keampuhan obat jerawat ini dikala aku masih kuliah, cieileeeh wkwkwkwkwkwkwk. Dulu waktu kuliah aku pakai obat jerawat ini Girls. Waktu itu ampuh banget, jerawat mau gede mau kecil langsung kering. Pas kebetulan balik ke Jogja, aku langsung deh beli 2. Harga obat jerawat Larissa ini kebetulan murah, sekitar Rp 35.000an waktu itu. Tapi waktu aku pakai lagi, ternyata khasiatnya ngga seampuh dulu. Sebenernya dia bisa sih mengempeskan jerawat yang gede-gede, tapi cenderung lama. Kulit disekitar jerawat yang ngga sengaja ikutan kena obat jerawat ini jadi kering parah. Pas ngeliat di kaca lama-lama kok nggak tega ya... Akhirnya aku hentikan

Ketiga, aku nekad nyobain obat jerawat dokter (lagiiiii). Desperate banget aku. Aku memilih jalan ini karena waktu itu yang nongol bukan jerawat kecil-kecil lagi tapi jerawat batu yang gede. Nongolnya cuma satu-dua, tapi ampuuuunnn sakit banget. Waktu itu aku sempet ditawarin dokter buat disuntik aja, tapi waktu aku nanya bakal berbekas engga dia bilang pasti berbekas mbak. Aduh, jadi sayang duit. Hahahahaha mrs Crab. Soalnya kalo kita suntik mahal-mahal terus tetep meninggalkan bekas kan, kayak ada yang ngingetin gitu lho biaya berapa yang sudah kita keluarkan hahahahahaha. Jadi aku pulang dengan krim jerawat dari dokter ini. Krimnya bentuknya gel kuning, dingin di wajah, tapi ampuh banget. Waktu aku mau bawa pulang krim ini mbak Apotekernya cuma pesen, jangan dipakai di bagian kulit wajah yang tidak berjerawat ya mbak, soalnya bikin gosong. Dan benar, gel kuning ini sanggup mengatasi jerawat batu hanya dalam waktu 2 hari saja. Jerawatnya kempes, ngga jadi nongol. Tapi tetep ninggalin bekas yang besar juga. Tapi untungnya bekasnya bukan bopeng, tapi lebih ke warna kulit yang jadi cenderung hitam.

Sedih yaaa....

Nah karena gemes, aku mulai deh baca-baca dan tanya-tanya ke beberapa temenku yang Korean Skincare minded banget. Aku tanya mereka yang punya kulit halus dan kenyal, pake produk apa aja. Dari kumpulan pengalaman inilah akhirnya aku sadar bahwa kulit kita itu kalau jerawatan pasti menandakan sesuatu.

Kulit juga butuh nutrisi
Jadi, aku tuh baru sadar, kalau kulit berjerawat itu karena aku kurang paham sama kondisi kulitku sendiri. Misalnya gini, kalau aku tau kulitku berminyak, maka harusnya aku cari make up atau skincare yang bisa berdamai dengan minyak dikulit, dan ngga bikin tambah banyak. Jadi aku harus cari produk-produk yang oil free, water base, berbentuk gel dan lain sebagainya. Minimal tidak menambah kilang minyak aja. Aku mulai deh cari-cari produk apa yang kalau bisa malah mengontrol atau mengurangi minyak di wajah. Yang kalian harus perhatikan ya Girls, produk apapun yang kalian pakai dari bangun tidur sampai tidur lagi haruslah produk yang sesuai dengan kondisi wajah kamu. Jadi aku pakai facial wash yang bisa kontrol minyak, serum yang bisa kontrol minyak, toner yang bisa kontrol minyak dan lain sebagainya. Produk-produknya ada di link di bagian bawah artikel ini yaa. Kamu bisa liat review produk apa aja yang pernah aku coba.

nutrisi kulit yang selalu ada di dompet


Setelah aku cari produk yang mengerti jenis kulit aku, aku mulai tambah mencari kandungan apa yang dibutuhkan untuk menutrisi kulit aku. Misalnya gini, dari berbagai macam produk skincare water base kan ada produk-produk yang mengandung vitamin e, ada lagi produk yang cuma mengandung vitamin c, atau ada juga produk yang water base dengan kandungan niacinamid dan galactomyces. Nah aku pilih mana produk yang paling aku butuhin. Kalau misal kulitku uda mulai kendur, ya aku pasti akan pilih produk water base yang mengandung vitamin e, walaupun ada produk yang mengandung niacinamide dan galactomyces. Intinya jangan heboh sama trend. Produk yang lagi viral belum tentu sesuai sama kebutuhan nutrisi kulit kamu.

Sering-sering baca review sebelum beli skincare
Selain doyan searching web skincare yang sering kasih diskon, aku juga ikutan web-web atau forum komunitas yang memberikan review dari penggunanya. Kalau review dari webnya sendiri jujur aku kurang percaya, karena mostly mereka beriklan. Kalau user-user yang review kan tergantung sama situasi kulit masing-masing. Biasanya aku menentukan beli produk kalau punya skor diatas 3,5 dan direview minimal oleh 10 orang. Kan ada yah, produk yang punya skor 5 tapi yang review cuma 2 orang. Kamu harus kritis dan hati-hati. Untuk memastikan review yang kamu dapat itu bagus atau tidak, kamu juga harus pastikan bahwa pengguna web itu aktif atau pasif. Web yang aktif akan mengundang makin banyak pengguna memberikan review yang jujur.

So far, produk inlah yang aku bilang cocok dikulit wajahku.
Sekedar referensi saja, ini beberapa produk-produk yang aku pakai dan cocok di kulit wajahku, coba deh kalian baca reviewnya satu-satu, nanti kalian akan nemu sendiri benang merahnya apa. Begitu juga nanti kalau kalian memilih produk apa yang kalian mau beli untuk kulit wajah kalian sendiri.
Aku masih browsing dan searching-searching terus sih produk skincare apa yang aku mau terusin pakai atau kudu aku ganti. Secara perkembangan makeup dan skincare kan cepat banget berkembangnya.
Sharing yuk, produk apa aja yang kalian pakai. Kalian juga boleh nanya-nanya di koment atau cuz ke IG ku di @karensavitri87, di sana aku suka unboxing produk apa aja yang baru aku temukan di web.

Berikut, adalah skincare andalanku mengatasi jerawat :

Facial Wash anti jerawat
Andalanku untuk mencuci muka. Kalau dipake pagi hari, kulit wajah bakal awet seharian ngga berminyak. Kalau dipakai malam hari, agak bikin kering. Jadi biasanya aku skip kalau malam, aku ganti pakai facial foam lainnya.

Essence Galactomyces

Essence penyelamat di saat kilit wajah kering atau perih karena obat jerawat. Biasanya aku pakai di hari-hari tertentu saja, karena Essence ini kurang bisa mengurangi minyak di wajah. So far, aku pakai ini hanya untuk menenangkan kulit wajahku kalau kenapa-kenapa. Tapi kalau kamu telaten pakai, Essence ini bisa bikin kulit wajah tampak lebih cerah.

Peeling Gel Secret Key

Scrub dari brand Secret Key yang teksturnya halus banget. Keluar dari tube berasanya cair aja, tapi setelah digosokan ke kulit berubah jadi kayak d*ki wkwkwkwkwk. Peeling gel yang paling mild yang pernah aku cobain, nggak bikin takut wajah kering.

Serum Jerawat

Ini Essence harianku. Kalau kondisi kulit kurang baik, aku nggak pakai ini tapi lebih milih pakai Secret Key. Essence ini dipakai untuk harian karena dia mengandung Niacinamide yang bisa bikin minyak di wajah sangat terkontrol banget. Selain itu, essence ini bisa bikin pori-pori wajahku mengecil.

Serum Wardah

Serum ini aku pakai supaya kulit wajahku lebih kenyal dan lebih cerah. Well, sebenernya serum ini bisa beneran bikin putih sih. Jadi akan sangat membantu saat kulit wajah kita jerawatan kan suka kelihatan kusam dan ngga banget yah. Jadi Serum ini bisa membantu 1 tingkat lebih cerah karena kusam.



Siapa nih yang belum coba toner ini ? Ini toner enak banget dan wanginya segar. Toner ini mengandung AHA BHA PHA yang bisa bikin pori-pori wajah lebih bersih dari komedo, mengurangi minyak/sebum di wajah, dan kalau aku merasa toner ini bisa bikin kulit wajah halus. Halusnya tu seperti abis facial gitu, jadi waktu pakai skincare lainnya berasa lebih meresap dan memberikan hasil maksimal.

Jadi itulah cara ku menghilangkan jerawat dalam 30 hari. Produk ini semua aku pakai, nggak ada yang enggak. Dan inilah kulit wajahku sekarang. Meskipun masih struggle sama bekas jerawat hihihihi.
My Skin now (after) 


Before at 2017

No comments:

Post a Comment

Silakkan Subscribe untuk menuliskan komentar.

Note: Only a member of this blog may post a comment.