Saturday, December 8, 2018

Best Things to Do untuk mengisi Liburan

Siapa sih yang nggak suka dengan Hari Libur ?
Apalagi, hari libur akan datang sebentar lagi genks.
Yap, libur Natal dan Tahun baru yang sebentar lagi akan datang ini harus dimanfaat semaksimal mungkin agar nggak sia-sia.

Cuma, biasanya nih, kalau kita nggak cukup preparation menghadapi hari libur, baru dua hari libur eh kok lama-lama bosan yah?! Akhirnya ngeMall lagi ngeMall lagi.

Duh. Jangan sampe melakukan hal yang unfaedah Genks!
Kalau Hanya nongkrong di Mall saja, sebenernya bisa kamu lakukan di saat weekend. Kalau long weekend gini, lebih baik menghabiskan waktu melakukan sesuatu yang lain yah.

Nah, mau tau apa aja yang bisa dilakukan saat liburan tanpa pergi ke Mall ? Dan daftar aktivitas apa aja yang bisa kita lakukan tanpa menguras Buget ?

Ada beberapa alternatif Itinerary yang bisa kamu contek, Yuk ikutin terus artikel ini sampe bawah !


Day One : Tidur dan Leyeh-leyeh


Untuk kamu yang punya jam kerja awut-awutan, misalnya sering begadang karena deadline, hari pertama ini harus kamu manfaatkan untuk istirahat. Memang sih, beberapa penelitian bilang, kalau bayar hutang tidur itu nggak sehat. Tapi kalau memang tipe pekerjaan kita menuntut untuk kerja deadline dan selalu dipepet waktu, begadang kayaknya bukan pilihan ye kan ?! Berikan waktu istirahat bagi tubuhmu sendiri yang sudah bekerja keras melewati rentetan jadwal begadang ya Genks ! Usahakan untuk bikin waktu tidur dan istirahatmu ini benar-benar berkualitas. Jangan asal tidur. Coba deh, minum teh camomile hangat sebelum berangkat tidur. Tetep usahakan untuk tidur sesuai aturan, 8 jam sehari. Kalau kamu masih merasa sangat ngantuk juga, usahakan untuk tidak melakukan kegiatan berat. Lakukan olahraga ringan di dalam kamar, supaya kamu ngga kehilangan tenaga atau malah tambah lemas.

Day Two : Bangun lebih pagi dan Olahraga !


Setelah memberikan dirimu sendiri waktu istirahat, bagunlah lebih pagi dari biasanya. Olahraga ringan seperti Jogging bisa menambah stamina kamu. Atau, kalau kamu punya destinasi yang oke untuk jalan kaki santai, boleh tuh kamu jalan-jalan santai sambil menikmati pemandangan. Di hari kedua ini, intinya yang kamu lakukan adalah masih mengistirahatkan pikiran kamu, namun tetap mengaktifkan fisik kamu. Di beberapa kota di Indonesia belakangan sudah mulai marak tuh Taman-taman kota yang menarik. Misalnya di Jakarta ada Taman Menteng, Taman Tebet, Taman Diponegoro, Taman Cattleya, dan lain sebagainya. Kamu bisa olahraga mulai dari jalan kaki santai, naik sepeda, atau juga memanfaatkan alat olahraga yang disediakan di sini. Nikmatin aja suasana taman yang nyaman dan adem. Kalau kamu punya member card di pusat kebugaran, bisa juga tuh kamu manfaatin, cuman pemadangannya itu-itu aja kan?!

Day Two : Membaca Buku Favorite

Setelah bangun lebih pagi dan berolahraga, kamu bisa memulai aktivitas yang menstimulus otak kamu Genks! Bacalah buku yang kau suka atau buku yang harus kamu baca tapi belum sempat kamu lakukan. Kalau buku ilmiah atau bisnis terlalu berat buat otak kamu, coba lah membaca buku personality atau psikologi. Buku Personality / Psikologi itu rangenya lebar banget Genks ! Mulai dari Novel mengenai sekian belas kepribadian, Biografi karakter orang sukses, sampai komik-komik lucu tentang Golongan Darah. Manfaatnya tetep kamu dapat, dan hiburan juga kamu bisa dapatkan. 
Tapi aku ngga suka baca buku !
Oke, kalau gitu pilihan bisa jatuh ke komik ! Hahahahaha, kebiasaan membaca memang harus dibangun sedikit demi sedikit. Kamu ngga bisa tiba-tiba suka buku dalam semalam (kecuali kamu nemu buku yang bener-bener bagus). Manfaatkan waktu liburan kamu ini untuk membentuk kebiasaan baru ! 

Day Three : Museum Challenge !


Yuk, jalan-jalan ke Museum. Di berbagai kota di Indonesia saat ini memiliki berbagai macam Museum yang menarik. Mulai dari Museum Antropology, Geology, Budaya, sampai Museum yang Unik-unik. Museum yang biasanya ada hampir di seluruh kota di Indonesia adalah Museum Geologi. Museum Geologi ini biasanya isinya mengenai makhluk-mahluk pra Sejarah, lapisan tanah yang ada di Indonesia, batu-batuan, dan lain sebagainya. Kalau kamu ada di beberapa kota yang memiliki Museum yang seru, wah kamu bisa langsung cuz kunjungin tempatnya. Misalnya Museum Tubuh di Malang, Taman Pintar di Jogja, Museum Kereta api di Ambarawa, Museum MACAN di Jakarta yang sempet ngehits banget, dan lain sebagainya.
Gimana cara nemu Museum yang asik ?
Ikutan komunitasnya deh ! Atau paling enggak kamu harus mulai mengeksplore kotamu sendiri, ada hal-hal menarik apa sih yang bisa kamu jelajahi

Day Four : City Tour with Public Transport 

city tour

Rasanya pasti beda kalau kamu muter-muter ke berbagai macam tempat di kotamu dengan kendaraan pribadi vs dengan public transport ! Serius !
Kalau di Bandung kamu bisa naik Bandros atau juga kalau di Jakarta (lagi-lagi wkwkwkwkwk) kamu bisa tuh cobain Mpok City, City Bus yang emang kerjaannya mondar mandir ngelilingin kota. Atau, kalau di beberapa kota, pasti ada kan Bus Trans-Trans gitu? Setauku di Jogja ada TransJogja, di semarang ada TransSemarang, dan lain sebagainya. Selama kamu nggak keluar dari haltenya, tarifnya flat sekali bayar. Kamu bisa turun di destinasi yang kamu mau (yang tentu saja di lewatin jalur bis itu ya wkwkwkwkwk). Dari pengalaman inilah kadang kamu akan menemukan ide destinasi baru yang bisa kamu kunjungin hari berikutnya. Sok atuh mau kemana aja hari ini.

Day Five : Main Air !

Main air disini bisa dimulai dari main ciprat-ciprat sampe berenang mengarungi lazzy river Genks! Aku yakin banget, di seitab kota pasti ada tempat wahana main air. Kamu bisa pergi ke wahana air, seperti Snowbay (Jakarta), The Jungle (Bogor), Jogja Bay (Jogjakarta), Galaxy Waterpark (Jogjakarta), CaribbeanIsland Waterpark (Balikpapan) dan lain sebagainya. Main air ini bisa bantu kita melepaskan stress lho Genks ! Kalau kamu ngga suka suasana adrenalin, kamu bisa pilih berenang selow ajah di lazzy river. Kalau kamu ngga suka berenang juga, coba deh datengin Embung. Beberapa Embung yang cukup famous di Jawa Tengah misalnya Umbul Manten, Embung Nglanggeran, Umbul Ponggok, Umbul Sigedang dan lain sebagainya. Apasih itu Embung / Umbul itu ? Semacam Mata Air gutu Genks! Biasanya di beberapa kota ada tempat Padusan (tempat mandi)-- orang muslim sebelum menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan.

Day Six : Do Your Hobby


Kamu sukanya apa? Selain membaca, berenang, jalan-jalan, dan tidur ! Karena semuanya sudah disebutkan di atas hahahahaha. Kalau kamu suka berkebun, mulailah berkebun. Ada juga yang suka Knitting di sini? Duh cewek banget yah wkwkwkwkwkwk. Kalau kamu suka touring, ajak deh temen-temen kamu yang juga lagi liburan untuk touring bareng. Melakukan hobi juga bisa jadi alternatif kegiatan di saat liburan. Murah atau enggaknya, ya tergantung hobi kamu sendiri sih ya hahahahaha. Kalau kamu hobi mancing paus, ya itu baru highly cost.

Day Seven : Menghabiskan waktu bersama Keluarga
main bareng keluarga

Its Family Time ! Family time bisa macem-macem Genks ! Kamu bisa main game bareng rame-rame, atau juga jalan-jalan ke suatu tempat bersama-sama keluarga. Biar rame dan makin akrab, kamu bisa akhiri acara game seru-seruan itu dengan makan rame-rame. Bisa makan bancakan, bisa bikin barbeque, atau bakar-bakar jagung yang lebih murah hihihihi. Selain bisa mengakrabkan keluarga, kamu juga bisa melepaskan penat dan stress karena aktivitas kamu sebelumnya. Dukungan keluarga itu the best social support yang kamu bisa punya Genks! Kalau misalnya selama ini kamu terlalu banyak menghabiskan waktu dengan aktivitas kamu atau teman-teman kamu, waktu bersama keluarga juga sangat baik terutama kalau kamu masih punya orang tua lengkap. Kadang-kadang, orang tua kita kangen lho menghabiskan waktu bersama anak-anaknya. Ciee yang melow tiba-tiba.

Nah, thats 7 days Itinerary yang bisa kamu jadiin panduan dalam mengisi liburanmu. Kalau ngeMall sudah terlalu mainstream buat kamu, mulai sekarang lakukan kegiatan-kegiatan yang berfaedah.

Inget ya, satu-satunya yang kita punya tapi ngga bisa ditambah cuma Waktu ! Jadi manfaatkan waktumu dengan baik Genks !




No comments:

Post a Comment

Silakkan Subscribe untuk menuliskan komentar.

Note: Only a member of this blog may post a comment.