Tuesday, November 20, 2018

Bagaimana menentukan tema untuk blog kita?

#Day2 BPN 30 Days Blog Challenge

Yap, masih berkutat seputaran tentang blog.
Kalau kemarin kita membicarakan Apa alasan menulis Blog, yang bisa kamu kembangin sendiri untuk diri kamu, sekarang saatnya adalah tema blog apa yang akan kita tulis.

tema blog


Jadi, sehubungan dengan journeyku yang akhirnya memutuskan jadi Blogger, awalnya aku kebingungan nih mau mengelola blog seperti apa yang aku mau.

Tema untuk blog, atau biasa disebut Niche, itu penting sekali kalau kamu mau mengembangkan sebuah blog. Niche inilah yang akan menggiring kita membuat puluhan bahkan ratusan artikel atau post yang akan memperkaya blog kita. Kalau blog kita memiliki niche yang fokus, maka artikel yang kita tulis akan dalam membahas mengenai Niche tersebut. Kalau blog kita cukup informatif mengenai niche tersebut, maka tidak menutup kemungkinan blog kita jadi langganan iklan produk terkait.

Misalnya, kalau kamu menentukan niche blog kamu mengenai travelling, maka artikel yang akan kamu buat pasti akan berkisar sekitar travelling kan ? Mulai dari cerita perjalanan kamu jalan-jalan, sampai tips and trick merancang sebuah perjalanan. Maka kemudian ngga heran, kalau nanti kamu akan ditawari Tra*vel*ka untuk memuat iklan mereka, baik itu melalui iklan banner atau artikel paid promote.

Gak gampang menentukan tema blog yang kita mau.

Yap, inilah kesulitan ku saat pertama kali memutuskan fokus jadi fulltimer Blogger. Ada begitu banyak tema yang aku pengen tulis. Mulai dari nulis resep lah, nulis sinopsis dan review Drama Korea lah, membahas tentang rumah lah, macem-macem pokoknya. Sampai akhirnya aku mencoba menentukan sendiri, 3 tema besar apa yang aku mau ceritakan dalam blog ku ini.

Kenapa 3 tema besar ?
Selama menulis dengan tulisan gado-gado, ternyata aku mengalami kesulitan. Aku tidak memiliki pengetahuan yang cukup dalam dalam membuat beberapa tulisan. Misalnya saja, aku ingin menulis mengenai otomotif. Jujur, aku sebenernya seneng mengamati perkembangan otomotif di Indonesia. Aku suka lho baca-baca artikel tentang mobil apa yang dijual di Indonesia, mulai dari spek, kelebihan dan kekurangannya di jalanan sampai berapa sih harga pasarannya. Tapi ternyata, kesukaanku itu tidak membuatku bener-bener memahami dunia otomotif. Jadi kalau aku menulis tentang mobil, rasanya akan menghabiskan waktu banyak banget. Takutnya aku malah bikin post copy paste saja.

Bagaimana menentukan 3 tema besar untuk Blog kita ?

kafe unik di jakarta

Dari kesadaran itulah, akhirnya aku memutuskan untuk menulis apa saja yang aku "sanggup" buat sendiri. Informasi yang ada, aku pakai untuk menulis blog dengan gaya bahasaku sendiri. Aku membuat post mengenai Desain Arsitektur, Review Skincare, Fashion, Motivasi, Karier, dan cerita perjalananku jalan-jalan. Dari beberapa artikel yang aku buat berdasarkan tema tersebut, ternyata pembacaku lebih banyak membuka post tentang Review Skincare, Design Arsitektur, dan Pengalamanku jalan-jalan. Aku coba baca ulang lagi semua tulisanku mengenai 3 tema tersebut. Sampai akhirnya aku menemukan, bahwa setiap kali aku membuat tulisan tentang 3 tema tersebut, aku melakukannya dengan cukup dalam. Aku mulai berpikir, apakah karena aku memang suka atau karena aku memang tau tentang tema tersebut. Dan aku memang melakukan keduanya. Aku suka dan aku senang mencari tahu tentang 3 tema itu.

Then, begitulah, artikel-artikel terkait 3 tema tersebut akhirnya membuat aku menjadi lebih fokus. 

Buat kamu yang Baru memulai menulis blog, mungkin bisa memulai seperti yang aku lakukan. 
  1. Mulailah dulu menulis dengan semua tema yang ada di kepalamu. Ada banyak sekali tema atau niche yang bisa kita tulis. Buatlah beberapa artikel mengenai tema tersebut. Jangan berhenti hanya dengan 1 artikel mengenai suatu tema, buatlah minimal 3 artikel dengan tema tersebut.
  2. Setelah kita menulis paling tidak 3 artikel untuk suatu tema, maka mulailah cek tema mana yang memang kita suka dan berapa banyak tulisan tersebut di baca. Tema mana yang kita suka kadang tidak selalu membuahkan banyak View, tapi jumlah view dapat membantu kita untuk menentukan tema mana yang sebenarnya fasih kita olah. Pendapat orang lain bisa membantu kita mengukur pengetahuan dan keinginan kita sebenarnya mengenai tema apa sih yang kita memang bisa kerjakan.
  3. Kalau tema yang kamu suka ternyata sedikit dibaca orang, maka jadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk kamu membuat artikel yang lebih menarik lagi. Cari tau selera pembaca. Galilah kemampuan menulis kita. Metode apa sih yang paling cocok dengan tema yang kita sangat suka.
  4. Jangan menyerah kalau ternyata ada ribuan bahkan jutaan bloger yang memiliki tema yang sama dengan kamu. Yap, inilah yang aku katakan sama diriku sendiri. Coba deh cek di Instagram, ada berapa ribu beauty blogger yang muncul tiap tahunnya. Dan itu membuat aku jiper sendiri. Tapi dengan banyaknya beauty blogger itulah membuat aku jadi lebih mudah belajar, gimana sih menulis tema beauty dengan baik.
So, cara menentukan tema apa yang tepat untuk blog kita adalah dengan mulai menulis tema apa saja yang kita suka dulu. Nggak susah kan ?!

Selamat nge Blog !

No comments:

Post a Comment

Silakkan Subscribe untuk menuliskan komentar.

Note: Only a member of this blog may post a comment.