Monday, September 10, 2018

Jalan-jalan ke Malang ke mana saja ? (Part 1)

Menyambung perjalanan ke Gunung Bromo, sebelum kembali ke kota masing-masing kita harus banget meluangkan waktu untuk jalan-jalan ke kota sekitar.
Kalau kamu ke Gunung Bromo lewat jalur udara alias naik pesawat, kamu pasti akan landed di Bandara Abdul Rachman Saleh di Malang. Ada banyak banget tempat wisata yang wajib kamu datengin ketika kamu sudah ada di kota ini. Berikut beberapa tempat yang wajib kamu datengin, supaya sah jalan-jalan di kota Malang.

1. Museum Angkut

Officially Museum Angkut ini letaknya ada di Kota Batu, butuh sekitar 15 - 45 menit perjalanan dari kota Malang. Museum ini adalah ruang pamer beberapa alat transportasi, mulai dari alat transportasi jadul sampai modern.
Salah satu koleksi Museum Angkut, alat transportasi yang dipajang di ruang ini khusus bertema JaDoel.

Ada sekitar 300 koleksi mobil yang dipamerkan. Museum ini cukup (banget) luas, yaitu sekitar 3,8 hektar yang dibagi berdasarkan tema atau zona.
Koleksi Vespa dan Mobil buatan Itali, kamu punya berapa ?

Kendaraan yang ada di tiap zona disesuaikan tengan temanya masing-masing. Dimuali dari Indonesia Tempo Doloe (Batavia dan Sunda Kelapa), ala-ala Eropa, Gangster Town sampai Holywood. Tidak lupa juga kita bisa ke Las Vegas tanpa Visa Amerika hahahahaha.
Mobil lawas Museum Angkut

Harga tiket ke museum ini cukup lumayan pricey Rp 70.000 per orang (weekday) sampai Rp 100.000 per orang (weekend) jadi kalau mau bawa anggota keluarga sekampung nabung dulu ya hahahahaha. Ada diskon 20% kalau kamu naik pesawat C*t*link, tinggal tunjukin boarding pass Aja di loket. Kalau dibandingkan harga sama pengalamannya, saya rasa masih worth it lah. Ngga rugi.
Ruang Pamer mobil klasik


Apa yang perlu kamu siapin ?
1. Outfit yang oke, karena tempat ini Instagramable banget. Jadi kamu kudu pakai baju yang cucok supaya paripurna di foto. Hahahaha
2. Alas kaki yang nyaman. Mau pakai sendal atau sepatu oke tapi kudu yang nyaman. Kalau pakai high heels mungkin kaki kamu keliatan keren, tapi pasti pegel. Lokasi yang luas membuat kamu harus jalan jauh muterin lokasi.
3. Bawa duit banyak. Terutama buat kamu yang laperan. Di museum ini kita ngga boleh bawa makanan (kecuali makanan bayi). Jadi kalau lapar dan haus ya kudu jajan.
4. Bawa permen banyak, terutama kamu yang merokok. Di museum ini pengunjung tidak diijinkan merokok.

2. Pantai Balekambang

Malang termasuk kota yang kaya akan obyek wisata. Saya kira ngga akan habis dalam waktu 1 hari trip ke Malang. Mirip dengan kota Jogja yang punya seribu kenangan mantan #eh, maksudnya punya segudang wisata Pantai yang keren, kota Malang juga punya banyak lokasi Pantai yang keren. Lokasinya memang lumayan jauh dari Kota Malang, tapi kalau sudah sampai kamu ngga bakal nyesel. Salah satu lokasi pantai yang terkenal adalah Pantai Balekambang. Pantai yang dijuluki Tanah Lot nya Jawa Timur memiliki pemandangan yang Indah.

Sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Malang menuju lokasi wisata ini. Hati-hati ya kalau kamu mengunjungi Pantai ini, karena lokasi pantainya yang menghadap Samudera Indonesia yang terkenal dengan Ombaknya yang besar.

Apa yang perlu kamu siapin ?
1. Kacamata hitam (panas booo)
2. Baju ganti, kalau kamu mau main air. Tapi ngga perlu bawa baju renang ya. Main air cantik aja.
3. Makan dan minuman, terutama buat kamu yang laperan. Perjalanan panjang pasti bikin kamu lapar dan bisa emosian hahahaha.


3. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna lebih jauh letaknya dari Pantai Balekambang, sekitar 2 jam lebih dari Kota Malang. Pantai 3 warna ini punya pemandangan yang unik dan cocok banget dijadikan tempat snorkeling. Kenapa 3 warna ? Pantai ini punya 3 warna : Merah (di lokasi sekitar bibir pantainya) Hijau (air di bibir pantai-- yang lebih dangkal) dan Biru (air yang lebih dalam). Jadi kalau dari udara kita bisa lihat 3 warna.

Pantai 3 warna ini merupakan Area Rehabilitasi serta Konservasi Mangrove, jadi ngga heran kalau ada beberapa aturan yang diberlakukan. Pertama Anda harus reservasi dahulu kalau mau berkunjung. Pihak pengelola membatasi 100 orang pengunjung perharinya. Kedua, ada pengecekan barang terutama kalau Anda meninggalkan barang disana, akan dianggap "sampah" dan akan dikenakan denda Rp 100.000 per barangnya. Jadi barang yang dibawa masuk ke dalam kawasan harus sejumlah dengan barang yang keluar ya. Ketiga, selama di area Pantai Anda wajib menyewa jasa Tour Guide lokal (sekitar Rp 75.000) yang akan menemani Anda dan menunjukkan spot-spot mana yang menarik. Keempat, jam berkunjung tidak lebih dari 2 jam saja. Kelima, harga tiket masuk seharga pohon bakau. Jadi karena aturan yang berlaku itulah yang membuat pantai ini memiliki keindahan yang awet.

Apa yang perlu kamu siapin ?
1. Segala macam kamera dan baterai cadangan. Karena batas waktu berkunjung kamu kudu banyak-banyak simpan foto-foto di tempat ini
2. Hhhmmm.... jangan bawa banyak barang yang ngga perlu. Hahahahahaha, inget bahwa pengelola pantai akan mencatat semua barang bawaanmu. Barang masuk dan barang keluar harus sama jumlahnya.


4. Jatim Park 1, 2, dan 3
Wah, lokasi wisata ini udah macam film Trilogi ya gaes hahahahahaha. Kalau kamu sudah berada di Malang, jangan sampai melewatkan obyek wisata ini. Supaya tidak terkesan banyak sekali, saya ringkas saja subjudul ini jadi 1 subjudul.
Jatim Park adalah theme park paling famous di Malang, untuk mengunjungi Jatim Park ini kamu ngga cukup nyediain waktu 1 hari aja. Kalau kamu ngga mau bolak balik ke Malang, kudu nyiapin waktu 1 minggu ya gaes wkwkwkwkwkwk.

Jatim Park 1

Terdiri dari sekitar 50 macam area permainan seru dan edukatif bagi anak-anak. Wahana permainannya common lah dari theme park yang ada di Indonesia lainnya, semacam Bumper car, Flying Tornado, Flying Fox, Rumah Hantu, Mini Train, Spinning Coaster, Sky Ride dan lain-lain.

Namun ada yang unik yang mungkin tidak dimilili oleh Theme Park lain, yaitu adanya Human Body Museum atau The Bagong Adventure. Harga tiket masuknya berbeda dengan apa yang kita bayar di loket masuk Jatim Park 1

Jatim Park 2

Jatim Park 2 hampir sama dengan Jatim Park 1, cuma bedanya kebanyakan wahana di Jatim Park 1 sifatnya lebih banyak yang adventourus dan memacu adrenalin *ecieee sementara wahana di Jatim Park 2 lebih banyak yang sifatnya Edukatif. Kalau di Jatim Park 1 wahana ada sekitra 50an, sementara di Jatim Park 2 ini hanya sekitar 35an. Kalau Anda ingin bermain di wahana yang seru pasti wajib berkunjung ke Jatim Park 1, tapi jika Anda dan keluarga kurang suka permainan yang mengocok perut dan membuat jatung berdetak pilihlah Jatim Park 2. Di Jatim Park 2 ini juga dekat sekali dengan Pohon Inn, hotel yang konsepnya menyatu dengan Kebun Binatang. Jadi ngga heran juga kalau Jatim Park 2 juga dekat Batu Secret Zoo, Anda cuma perlu jalan kaki 2 menit saja (kecuali belok beli jajan bisa bikin tambah lama).


Jatim Park 3
Gambar bangunan di mana itu ? Jepang ? Bukan, hehehehe. Ini salah satu bangunan yang ada di salah satu Zona di Jatim Park 3. 
Foto utuhnya seperti ini nih, masih berasa di Jepang ? Enggak, beneran ini di Jatim Park 3. Kalau di Jatim Park 3 ini wahanya lebih ke spot-spot tematik. Jadi cocok untuk keluarga yang baru punya anak kecil, yang ngga bakal berani diajak main Rollecoaster atau belum cukup paham diajak beredukasi.

Salah satu yang menarik di Jatim Park 3 ini adalah zona all about Dinosaurus. Kalau anak Anda termasuk penggemar Dinosaurus, Anda kudu ajak anak ke sini. Tidak melulu Dinosaurus di peradaban prasejarah, tapi Dinosaurus yang di beberapa tema negara-negara. Pasti seru ya, sambil duduk naik kereta kita bisa belajar mengenai berbagai macam makhluk prasejarah.



5. Coban Rondo
Kalau Anda suka dengan wisata alam namun tidak mau berpanas-panasan di pantai, Anda bisa berwisata di Wana Wisata Coban Rondo. Salah satu destinasi wisata air terjun di Jawa Timur yang tinggin airnya mencapai 84 meter. Kenapa namanya Coban Rondo ? Alkisah diceritakan bahwa ada sepasang suami istri yang ingin mengunjungi rumah orang tua suaminya. Namun ternyata ditengah jalan mereka bertemu dengan seorang pemuda yang ingin berbuat jahat. Supaya selamat, suami meminta istrinya bersembunyi di Coban (air terjun). Namun ternyata, setelah permintaan itu suaminya tidak kunjung datang menjemput. Sang Istri yang menjadi Janda (Rondo), tetap menunggu di tempat itu dengan setia.

Air terjun ini terletak di lereng Gunung Kawi, sehingga tidak heran selain pemandangan indah, Anda juga disuguhi udara yang segar khas pegunungan. Debit air sendiri lumayan tinggi sekitar 90 - 150 liter per detik. Anda bisa mendekati air terjun ini dengan lebih dekat jika ingin bermain air.

Selain air terjun, di wahana ini ada tempat menarik lain yaitu taman labirin. Taman buatan ini cukup seru untuk bermain bersama Anak-anak. 
Jika Anda pergi wisata bersama teman-teman atau rekan kerja sekantor, di tempat ini juga ada Fun Tubbing (aktivitas mengitari sungai dengan ban)dan Area Paintball.


Seru dan menyegarkan yah ?
Jadi, kalau Anda ke Malang jangan sediakan waktu 1 hari saja ya.
Mau tau keseruan lain di Malang ? Simak lanjutan perjalanan part 2 ya.

No comments:

Post a Comment

Silakkan Subscribe untuk menuliskan komentar.

Note: Only a member of this blog may post a comment.