Tuesday, August 28, 2018

#bukaInspirasi : Belajar bahasa Korea dengan budget terbatas

Gegara kebanyakan nonton drama korea, aku jadi kepikiran buat belajar bahasa Korea. Cuman perjalanan (ecie perjalanan) belajar bahasa Korea ternyata ga mudah. Aku mau cerita sedikit apa aja yang aku lakukan untuk belajar bahasa korea dengan budget terbatas.



Aku #bukaInspirasi dengan mulai browsing tempat belajar bahasa Korea. Sebetulnya ada banyak tempat kursus bahasa Korea di area Cibubur ini,  apalagi disekitaran sini banyak banget orang Korea yang tinggal dan bekerja. Biaya kursusnya juga dimulai dari Rp 500.000 sampai Rp 3.000.000an per paketnya. Kalau ngeliat dari harganya, aku masih mikir dulu nih, strategi apa yang harus aku ambil, apakah mau kursus atau gimana.

Dan memang benar, setelah berkali-kali browsing cari tempat kursus mana yang bagus dan.... akhirnya jadi bingung sendiri (hahahahaha), aku memutuskan buat belajar otodidak. Kenapa ? Kayaknya biaya kursusnya terlalu mahal yah kalau aku dateng ke kelas kursus tanpa aku tau dasar-dasarnya hihihihi. Mubazir gitu kalau kita masuk kelas dari nol banget, kayaknya kalau ada bekal sedikit-sedikit aku bisa langsung nyambung ketika gurunya nanti ngajar. Jadi kalau ada pertanyaan di luar materi aku bisa langsung nanya-nanya banyak hahahahaha (gak mau rugi).

Jadi berikutnya yang aku hunting adalah text book dasar bahasa korea. Aku cari buku pandudan belajar bahasa Korea dibeberapa toko buku di area Cibubur, cuma yang bagus dan murah kok susah yaa. . Hahahahaha Lumayan lho 200ribuan, masih belum tega buat beli πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ (kok lama-lama aku kayak Mr.  Crab yaah).  Secara nggak mau rugi,  aku browsing aja lagi lewat internet. . Eh nemu ini... Haha beneran ga mau rugi banget. . Aku nemu buku pelajaran bahasa korea yang harganya cuma Rp.  9000. Jadi akhirnya aku putuskan untuk beli aja buku itu.


Dan Ta Daaaaa
Karena beli bukunya online maka ngga berapa lama bukunya langsung sampe ke rumah. Aku coba buka dan baca-baca dikit, dan ternyataaaa masih belum nyambung wakakakakak. Terutama di bagian huruf Hangulnya.
Sebelum putus asa, aku nyari-nyari petuah sama mbah Gugel (lagi). Akhirnya donk pencarianku berakhir di youtube hahahahaha.  Di sana banyak banget video pengajaran bahasa Korea. Dimulai dari kata-kata yang singkat, cara baca,  grammar sampai pembahasan mengenai budaya korea. Jadi makin nyambung deh sama isi buku yang sudah aku beli. Bahkan ada juga video Learn Korea while you sleeping, 8 jam belajar kata-kata dalam bahasa Korea.  Hahahahahaha mantep kaaan. Yaaa meski abis itu habis deh kuotaku wkwkwkwkwkwk, untung aja ada Bukalapak tempat aku bisa beli paket data lebih murah. Hahahahaha aku tuh orangnya ga mau ribet yah. . Mau apa-apa klak klik klak klik doank. Mau bayar listrik, bpjs, air,  kereta api, bahkan mau buka reksadana juga ada. Bayarnya juga gampang bisa pake kartu kredit atau internet banking. Simple banget.

Jadi kalau aku pikir-pikir belajar bahasa Korea itu ga susah,  sama simplenya dengan kita belanja di Bukalapak.com, simple dan bisa nawar lagi hahahahaha. Asiknya lagi belakangan suka ada diskon.. Ye kaaan Mr Crab ga boleh ketinggalan.

Di Bukalapak juga ada blog yang isinya mengenai informasi terkini. Aku sering pakai blog bukalapak untuk cari update produk kosmetik korea. Biar muka makin kinclong dan mirip orang korea.

Naah lanjut lagi niihh..
Aku dengerin terus ya beberapa video yang ada di youtube itu, pada dasarnya menulis Hangul itu tidak susah, yang susah itu bacanya hahahahaha. Jadi kalau ngga sering buka vocab dan penulisan hangulnya kita akan lebih merasa kesulitan. Hangul tidak perlu dihapal, tapi kalau sudah terbiasa sama vocabnya lama-lama kita ngerti sendiri (lancar nulisnya) .

Aku belajar pertama kali nulis huruf vokalnya kayak :

ㅏ     γ…‘    γ…“      γ…•     γ…—    γ…›    γ…œ   γ… .    γ…‘   γ…£   ㅐ
(a)   (ya)   (eo)  (yeo)  (o)  (yo)  (u)  (yu)  (eo) (i) (ae)
Itu dulu aja

Terus sama konsonannya yang paling sering nongol

γ…‚  γ…ˆ γ„· γ„±   γ…… ㅁ   γ„΄  γ…‡  γ„Ή  γ…Ž  γ…‹  γ…Œ  γ…Š    γ…
(b) (j) (d) (g) (s)  (m) (n) (o)  (r)  (h) (k)  (t) (ch)  (p)
Sisanya adalah penggabungan huruf-huruf itu.

Nah kalau sudah paham hurufnya nanti pasti bisa pronounce juga ketika baca vocabnya.

Selain youtube aku juga simpan infografis dari Pinterest.

Soal pelajarannya gimana nanti aku share lagi ya di postingan berikutnya.

ν•œκ΅­λ§μ„ ν¬κΈ°ν•˜μ§€ 마라





4 comments:

  1. Waoooww... Sangat menginspirasi...

    ReplyDelete
  2. Terima kasih mas Achmad Munjazim.. Semoga menyemangati ya...

    ReplyDelete
  3. Sangat menginspirasi sekali kak artikelnya, saya juga pengguna Bukalapak. Ya penjual, ya pembeli juga. Tapi saya terus berusaha supaya kiat sukses berwirausaha biar kelak masa depan bisa baik.

    ReplyDelete

Silakkan Subscribe untuk menuliskan komentar.

Note: Only a member of this blog may post a comment.