Friday, December 14, 2018

Kenangan Masa Kecil

Hujan yang turun semalam, nggak seperti biasanya. Hujan deras yang disertai angin dan petir membuat listrik menjadi padam. Done. Jam juga masih menunjukkan pukul 19.00. Gelap-gelap begini, aku jadi bingung mau melakukan apa. Ketap ketip mata juga masih terlalu segar untuk diajak merem. Tidur juga belum bisa, masih terlalu "pagi". Nggak kehilangan akal, aku menyalakan radio portable kecil. Untungnya, aku sudah isi baterainya full tadi pagi. Sedia payung sebelum hujan memang peribahasa yang paling bagus, tapi mungkin saat berkembangnya era seperti ini peribahasanya akan lebih tepat "Sedia batre sebelum mati lampu". Sebenernya daya baterai handphone masih 60 % sih, tapi skroll sana sini belum ada yang menarik. Mau klak klik klak klik belanja online juga nggak bisa milih, karena koneksi jadi lemot banget.


Radio yang aku nyalakan ini kebetulan sedang memutarkan lagu-lagu 90an. Lagu pertama yang membuat aku berhenti mencari siaran lain adalah lagunya Sheila on 7, Sahabat Sejati. Duh. Tiba-tiba teringat jaman waktu aku SMP. Lagu-lagu yang kemudian di putar, makin lama makin jadul. Aku jadi nggak tahan untuk ngoprek handphone. Kali ini tujuannya facebook. Pas buka timeline, kok ya facebook tu baik hati banget, ngingetin memories aku 9 tahun lalu. Hahahahahaha. 
Skrol-skrol, ternyata sekarang banyak banget temen-temen aku yang posting di group "Lagu Hits 90an". Tertarik pada satu postingan, aku membaca beberapa komentar.
Dalam group tersebut, sebetulnya kebanyakan isinya membahas mengenai lagu-lagu yang ngeHits di tahun 1990an. Tapi nggak lengkap rasanya kalau membahas lagu tanpa membahas juga memori yang ada.
Ada beberapa lagu yang aku mau bahas, yang kalau setiap aku dengar, aku langsung teringat masa kecilku. Mungkin, kamu juga mengalami memori yang mirip-mirip atau hampir sama, atau malah berbeda dari kenanganku. Tapi paling enggak, kita olah raga otak supaya juga bisa merasakan butterfluy in my tummy waktu kita mengenang pengalaman kita.

1. The Moffats - I Miss You Like Crazy

Ini adalah lagu yang booming saat aku kelas 6 SD. Jaman SD, gebetan banyak banget nih. Jaman inilah, jaman dimana menulis "Diary" jadi populer. Jadi "Diary" itu adalah sebuah buku, yang biasanya kita pilih buku yang cakep-cakep. Semacam buku agenda, tapi yang lucu-lucu. Halaman kertasnya tebal, dan isinya masih kosong. Buku diary ini nanti akan diisi oleh orang lain, misalnya aja temen sekelas kita, adik kelas, kakak kelas, dan lain sebagainya. Isi diary ini adalah data diri tentang orang itu. Yang bikin seru, adalah bagaimana cara orang mempresentasikan dirinya di dalam Diary yang kita punya inilah yang menarik. Ada yang digambar-gambar, ada yang ditempelin stiker, ada juga yang dikasih pantun lucu, dan yang pasti setiap data diri akan ada foto orang itu. Duh, cucok banget yaaah.. apalagi kalau yang kita minta itu adalah gebetan kita. Hahahahaha. Rasanya seru banget, kalau si dia udah selesai ngisi, kayak duh jangan dikasihin ke siapa-siapa dulu deh. Dinikmatin bacanya sambil senyum-senyum sendiri.


2. Backstreet Boys - Shape of my Heart



Ini lagu ngeHits banget waktu aku kelas 2 SMP. Masa-masa ini, adalah masa tergokil dalam hidupku. Jaman SMP tu kayaknya semua hal seru dilakukan. Kenapa lagu ini memorable banget? Karena pas jamannya lagu ini ngeHits, aku lagi backstreetan sama pacarku waktu itu. Kocak banget dah. Jadiannya juga lucu banget, jadian di atas motor dalam perjalanan, sama mantan temen SD. Cowok ini tuh sebenernya aku benci banget. Dulu dia suka banget cubitin pipiku yang tembeb. Dia seneng banget menghina aku dan pipiku, mungkin dia gemes kali ya, tapi kan bikin emosi gitu lho. Setiap ada kesempatan ketemu, pipiku di cubit. Demn, sakit banget. Tapi dasar namanya jodoh, waktu kenaikan kelas, aku malah satu kelas, dan sebangku lagi sama orang ini. Aku kaku dan tidak bisa berkutik. Rasanya, hampir tiap hari aku harus menjaga pipiku sendiri supaya nggak kena cubit dia. Tapi lama kelamaan, ternyata dia orangnya baik banget. Suka belain aku kalau ada temen cewek yang bully aku. Tapi di sisi lain, kalau dia pas ada maunya, aku bisa diusir dari meja ke tempat lain yang aku nggak suka. Eh, kok SMP malah jadian. Dan lucunya lagi, 2 bulan doank jadiannya, abis itu putus, karena aku lebih takut omelan mamahku. Hahahahaha.

3. Westlife- Fool Again

Ya Lord, ini lagu ngga bisa dipisahin satu sama lainnya dengan semua lagu yang ada di album. Karena anggotanya banyak, kadang kalau suka ngumpul sama temen-temen cewek suka rebutan, Mark itu cowokku, enggak cowokku. Hahahahaha koplak. Dulu ya, sampe bela-belain beli semua majalah yang ngasih hadiah poster besar Westlife atau gimmick-gimmick Westlife lainnya. Aku sampe bela-belain nabung lho beli majalah Kawanku (yang waktu aku smp itu mahal banget harganya) hanya demi dapetin post card wajah Kian Egan Idolaku. Terakhir yang aku sempat baca, beberapa kabar dari anggota Westlife misalnya Shane Filan (sempat dinyatakan bangkrut setelah Westlife dibubarkan, tapi untung sekarang udah nyanyi Solo lagi), Kian Egan (Married, dan sekarang jadi juri The Voice Irlandia-- ya owloh selow banget idup dia lah), Nicky Byrne (Married, dan sekarang jadi penyiar radio 2FM dan juri Dancing with the Star Irlandia), Bryan McFadden (Doi dulu yang pertama mengajukan mundur dari Westlife, setelah mundur doi bercerai dengan istrinya. Tapi untunglah sekarang sudah sukses lagi dan punya 4 single yang populer), yang terakhir adalah Mark Feehily (ini nih idolanya temenku banget, ternyata gak di sangka doi punya hubungan sama sesama jenis. Tapi ternyata pertunangannya gak berjalan mulus, setelah putus doi jadi kelebihan berat badan. Tapi sekarang udah mulai membaik dan mulai nanyi lagi).

4. Ronan Keating- When You Say Nothing at All




Ini lagu yang aku suka banget sampe diputer berkali-kali di tape. As your information, tape (dibaca tep), semacam alat pemutar kaset. Dan kaset itu... ah sudahlah, lelah hayati. Wkwkwkwkwk. Aku dulu sempet dihadiahin ulang tahun kaset Ronan Keating ini dari cowok kelas sebelah yang gantengnya minta ampun. Yang bikin lucu, aku dulu sempat somplak banget, pernah gitu tiba-tiba datengin dia dan ngajak nonton apa ya, pokoknya yang berujung jawaban "Aku nggak suka nonton". DEMN! Dan sejak saat itu aku nggak berani lah deketin dia lagi. Nggak tau rejeki dari mana, kebetulan ada temenku yang baik hati banget ngejodohin aku sama dia. Temenku ini yang usaha tiap malam nelpon ini cowok buat PDKT sama aku. Dan, berakhirlah waktu dia kasih aku kaset Ronan Keating. Setelah lulus SMP, udah nggak ketemu lagi dan nggak tau deh kabar dia sekarang. Moga-moga udah ketemu jodoh ya !

Udah ah, gitu aja kangen-kangenannya. Gimana dengan kamu ?
Share yuk !

No comments:

Post a Comment

Silakkan Subscribe untuk menuliskan komentar.

Note: Only a member of this blog may post a comment.