Sunday, September 2, 2018

Belajar bahasa Korea dalam 4 langkah

Belajar bahasa asing sebenarnya gampang-gampang sulit. Menjadi gampang kalau kita sering berlatih, dan menjadi sulit kalau kita menyerah. Pada dasarnya proses belajar yang menyenangkan adalah kunci utama kita dalam belajar bahasa asing.

Nah berikut saya akan bagikan tips and trick bagaimana belajar bahasa Korea yang mudah dan menyenangkan, yuk simak sama-sama.

Seperti pada postingan sebelumnya, ketika saya share tentang bagaimana saya memulai belajar bahasa Korea, buku panduan memang penting untuk kita memulai belajar sesuatu tapi ingat buku bukan segala-galanya. Maksud saya begini, kadang harga buku yang bagus sering tidak terjangkau lalu apakah kita jadi tidak bisa mulai belajar ?

1. Belajarlah mulai dengan apa yang kamu sukai
Hal pertama yang harus kamu tau adalah, apakah yang memotivasi kamu belajar bahasa Korea ? Kalau saya senang nonton drama Korea, jadi suatu saat saya pengen bisa pergi ke Korea dan jalan-jalan sepuasnya. Jadi untuk mulai belajar bahasa Korea ini, saya mulai mencoba menangkap kata-kata apa yang sering muncul di drama Korea. Kata-kata itu lalu saya cari di youtube, google atau pinterest.

2. Gunakan target
Dari awal belajar, target saya sudah jelas ya, bahwa saya pengen bisa jalan-jalan ke korea sepuasnya, artinya ya saya harus bisa menggunakan bahasa Korea dengan baik, secara lisan maupun tulisan. Asumsi saya, ngga semua orang bisa dan jago bahasa Inggris bukan. Jadi dengan cara sederhana saya ingin menetapkan target pribadi. Setiap kali menonton drama Korea, saya coba mengambil 5 kata asing yang saya baru dengar dan mencarinya di internet. Kalau sehari nonton 3 episode ya berarti saya dapat 15 kata baru.

3. Tulis apa yang kamu pelajari
Saya selalu menulis kata apa saja yang saya pelajari hari itu. Tiap kali menemukan kata baru, saya mencoba menghapalkan lagi kata-kata apa yang sudah saya dapatkan kemarin. Jadi setiap minggu gudang kosakata saya bertambah banyak.


4. Menguji diri sendiri
Dalam belajar, evaluasi adalah hal yang penting. Saya mencoba menguji diri sendiri dengan beberapa cara misalnya kalau nonton drama korea saya tidak lagi menggunakan subtitle, kalau masih bolong-bolong alias kalau sudah putus asa baru deh digunakan subtitlenya lagi. Atau kalau mau menghindari kecurangan hahahahahah saya buka situs berbahasa korea yang menggunakan huruf hangul. Soal webnya apa, ya yang pasti web yang emang saya suka misalnya web soal tips kecantikan atau update drama korea apa yang lagi trend di sana.

Intinya, kita belajar berdasarkan apa yang kita sukai.

Ini beberapa contoh yang saya buat :
Kosakata yang sering muncul dalam drama Korea antara lain :
1. Panggilan ke pacar (atau panggilan ke kakak laki-laki oleh wanita) : Oppa
2. Menyukai/mencintai : Saranghae
3. Hallo (seperti greeting, bisa buat malam/pagi/siang) Annyeonghaseyo
4. Ayo pergi : Gaja
5. Lebih baik : Naeun
6. Sampai jumpa : Yo bose yo
7. Gila (seperti Dasar gila lo !) Michin
8. Makan : Meug eol
9. Saya tidak tahu : Molla
10. Tidak : Aniya
11. Dimana : Eodiseo
12. Kenapa : Wae
13. Maaf : Mianhae
14. Aku saka kamu : Choaeyo
15. Teman : Chingu

Saya tulis kata-kata itu dalam buku kecil yang bisa saya bawa kemana-mana. Jangan lupa setiap membaca ulang, perhatikan juga huruf hangulnya supaya pembacaannya benar.













No comments:

Post a Comment

Silakkan Subscribe untuk menuliskan komentar.

Note: Only a member of this blog may post a comment.