Tuesday, November 20, 2018

Kenapa Menulis Blog?

Yap
This is the first day 30 Days Challenge BP Network!


Hari ini dimulai dengan alasan kenapa aku menulis blog.
Sebenernya dunia blog sudah aku coba dari beberapa tahun lalu. Dari aku kuliah malah. Mulai dari blog-blog alay, blog curhat, blog puisi, blog cerpen, and DoNe.
Cuma masalahnya adalah penulisan blog tidak pernah serius dan konsisten. Aku masih berpikir blog hanya ajang curhat pengganti buku diary ke dunia digital. So aku ngga pernah serius menggeluti blog. Dulu bahkan sebenarnya aku dah punya Adsense sendiri, cuma akhirnya aku kasih kakakku karena ngga serius.
Barulah beberapa tahun kemudian aku merasakan dampaknya hahahahahaha. Ketika banyak orang mulai cerita penghasilan dia dari Adsense dan Blog. Aku baru berasa kehilangan aset dompet wkwkwkwkwkwk.
Tapi nggak ada yang terlambat, kalau kita berupaya sekeras tenaga. Aku mulai konsisten ngeblog lagi tahun 2017. Niatnya mau nambah penghasilan lewat Adsense. Sambil belajar Adsense sambil isi blog supaya keliatan kece. 
Tapi lama kelamaan eh kok malah banyak yang bilang kalau blog Indo pake Adsense kok lama banget gitu gajiannya. Malah kalau niat mau ngeBlog mending udah ngeBlog aja sih.
Dan, akhirnya aku memutuskan untuk jadi fulltimer blogger. Susah?  iyah.  Banget.  Terutama kalau kita termasuk orang yang susah ngumpulin mood nulis.


Dan, ngeblog bukan cuma sekedar nulis sodara-sodara. Ngeblog juga butuh networking,  marketing dan strategi.

Kenapa aku bisa bilang begitu?
Karena setiap aku kenal blogger-blogger di berbagai macam komunitas,  semua yang kita tulis (biar jadi uang)  juga butuh ilmu dan strategi sis. Dan bener,  kalau cuma ngandelin Adsense, kamu ngga bakal dapat apa-apa. Justru networking dan comunnity yang ada dalam dunia blogger lah yang bikin kamu survive.

Tantangan jadi Blogger

Kerajaan blogger ngga bisa kamu bangun dalam semalam sis. Ngeblog harus ditelatenin dan diseriusin. Kamu bukan hanya sekedar menulis yang kamu mau saja, tapi juga mulai memikirkan konten apa saja yang enak dibaca tanpa mengorbankan passion kamu juga. Tulisan yang bagus inilah yang akhirnya mendatangkan berbagai macam kesempatan, mulai dari paid promote lewat tulisan, iklan banner sampai endorsement produk ataupun voucher-voucher.

Karena reason-reason itu lah yang membuat aku semakin penasaran dengan dunia blogging. Gimana sih caranya menggabungkan antara hal yang kita suka (yaitu menulis atau menceritakan sesuatu) dengan memikirkan hal-hal yang orang lain juga suka (grafis yang mendukung, tampilan yang menarik, gaya bahasa yang menghibur dan lain sebagainya). Dan popularitas yang kita dapatkan pada akhirnya ngga cuma cetik, bisa didapat dalam satu waktu saja.

Tapi asyiknya, ketika kita bisa berkarya dalam dunia blog, kita jadi bisa banyak punya waktu yang bisa kita atur sendiri. Mau punya waktu main sama anak? Bisa ! Mau punya waktu main sama temen ? Bisa ! Dan mau main-main sambil mendapat penghasilan? Bisa banget !

Yap, dan itulah yang aku mauin banget.



No comments:

Post a Comment

Silakkan Subscribe untuk menuliskan komentar.

Note: Only a member of this blog may post a comment.