Thursday, July 4, 2019

Jerawat muncul terus ? Jangan khawatir, cek kebiaasan dalam mencuci wajah ini !

Duuh dah lama banget yah nggak nge Blogging. Hihihihi
Maapkeun permisah, belakangan ini saya sedang sibuk urus bisnis hehehehe. 
Well, kali ini saya ingin kembali bercerita tentang jerawat. Buat kamu yang udah mencoba berbagai macam cara tapi nggak pernah berhasil, yuk kita cek kebiasaan apa saja yang mungkin kita lupakan atau justru malah kita sering lakukan yang membuat wajah banyak jerawat. 


wajah jerawatan


Berbicara masalah membersihkan wajah, inilah topik dasar yang mungkin sudah sering kali dibahas di blog ini ataupun dibahas oleh beauty blogger lain. Sadar nggak sih, sering kali kita melewatakan rutinitas cuci wajah ini dengan asal-asalan. Yap, coba deh sekarang kamu inget-inget lagi bagaimana cara kamu mencuci wajah.  Well, sebelum bergerak lebih saya mau ngingetin nih, yang dimaksud cuci wajah di sini adalah semua rangkaian kegiatan yang kamu lakukan untuk membersihkan wajah. 


  1. Apakah kamu mencuci wajah langsung dengan sabun pencuci wajah setelah menggunakan make up ? 
Well hey, mencuci wajah dengan sabun pencuci memang tidak salah. Saat kamu menggunakan make up, kebanyakan produk make up yang kamu pakai mengandung oil dan bahan-bahan lain yang tidak akan bisa bersih hanya dengan menggunakan sabun pencuci wajah. Jadi, untuk membersihkan sisa foundation atau produk make up lain yang mengandung minyak, kamu harus juga menggunakan produk pembersih yang berbahan dasar minyak.


pembersih wajah
Senka Oil Cleanser Rp 150.000. Sumber : Sociolla.com
Ada banyak produk-produk pembersih wajah berbasis minyak yang bisa kamu pilih. Mulai dari produk lokal sampai produk korea. Salah satunya adalah Senka Oil Cleanser. Produk Senka mungkin lebih banyak dikenal dengan produk Whip foam nya yah, berasa kenyal-kenyal gitu wajahnya ya kan ?! Nah, meskipun efeknya agak berbeda dengan whip foam, Senka Oil Cleanser lebih jagoan dalam mengangkat produk foundation,  blush on atau powder yang berbahan dasar minyak. Jadi biar semua produk make up tidak ada yang tertinggal di wajah yaah.  
Naah baru deh setelah itu wash wash wash dengan facial wash. Urutannya mau dibalik juga boleh sih, tapi kalau kata saya mah tergantung jenis kulit kamu. Kalau kulit saya yang cenderung berminyak, facial wash merupakan produk yang akan saya pakai terakhir karena kadang suka risih gitu setelah pakai produk oil cleanser. Berasa seperti habis makan gorengan satu wajan hehehehe.
2.  Apakah kamu menggunakan pembersih wajah yang benar-benar cocok dengan tipe kulit kamu ?
Hal ini sering disepelekan, namun merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Apa sih tandanya kalau pembersih wajah yang kamu pakai tidak cocok dengan tipe kulit kamu ? Pertama kali, kamu harus mulai memperhatikan sebelum dan sesudah kamu mencuci wajah. Apakah setelah mencuci wajah, wajah kamu terlihat lebih segar, lebih bersih dan lebih kenyal atau malah menjadi tambah kusam dan tidak bercahaya ? Perhatikan efek produk yang kamu pakai, jika dalam pemakaian 7 hari wajah kamu jadi jerawatan atau timbul masalah-masalah kulit lain, ada baiknya segera menghentikan pemakaian pembersih wajah. 
facial wash the body shop

Kemudian apakah dengan mengganti produk wajah berkali-kali akan malah menambah masalah ? Kemungkinan besar IYA. Mengganti produk wajah berkali-kali akan membuat kulit wajah menjadi bermasalah. Akan lebih baik jika kamu merasa tidak cocok dengan produk pembersih yang kamu pakai, segera carilah produk wajah yang sifatnya lebih "mild" atau carilah sabun bayi. Sabun bayi memiliki kandungan yang lebih aman dibandingkan sabun lain yang belum tentu cocok dengan jenis kulit wajah kamu.

3. Apakah kamu menggunakan air hangat saat membilas sisa pembersih ?
cara membersihkan wajah

Penggunaan air hangat saat membilas sisa pembersih atau sabun wajah mungkin menyenangkan yah.. Sensai hangat di kulit wajah membuat kita merasa lebih rileks. Namun yang perlu diperhatikan adalah seberapa suhu air untuk membilas wajah. Jika suhu air terlalu panas, akibatnya malah akan membuat kulit wajah menjadi lebih kering. Kulit kering yang mengelupas akan memudahkan bakteria masuk ke dalam pori-pori wajah, akibatnya wajah akan meradang dan muncul jerawat.
Dibanding menggunakan air hangat, akan lebih baik kamu membilas sisa sabun atau pembersih wajah dengan air dingin. Air dingin akan membuat kamu merasa lebih segar, dan bisa membantu memperkecil pori-pori wajah yang terbuka saat proses pembersihan wajah.  Akan jauh lebih baik lagi jika kamu mengoleskan es batu ke seluruh bagian wajah kamu, sehingga pori-pori wajah dapat merapat sempurna.

4. Apakah kamu merasa kulit wajah mu kering saat selesi membersihkan wajah ?
kulit terasa kering

Efek kering saat selesai membersihkan wajah terutama jika kamu merasa kulit wajahmu seperti ditarik, efek ini yang harus diperhatikan. Sensasi seperti ditarik ini disebabkan oleh kurangnya kadar air yang ada di dalam kulit wajah. Kulit wajah yang kering tidak selalu berarti kamu bisa bebas dari jerawat lho, malah akan menjadikan kamu terlihat lebih tua. Kulit yang kering akan membuat kamu menjadi lebih sensitif, perih bahkan panas dalam cuaca yang panas. Kulit kering juga akan membuat bakteri lebih mudah masuk dan menjadikan kulit berjerawat. 
5. Apakah kamu mengusap wajahmu dengan handuk saat membersihkan sisa air atau pembersih wajah ?
cara membersihkan wajah

Membersihkan sisa air atau sisa pembersih wajah dengan handuk sebenarnya tidak selalu disarankan. Terutama jika kamu memiliki kebiasaan mengusap wajahmu dengan handuk. Saran yang paling benar adalah dengan cara "Tap tap" sisa produk atau air yang masih tertinggal di wajah. Hindari handuk yang kasar, gunakan kapas atau tissue wajah yang lembut untuk mengangkat sisa produk atau air. 
Penggunaan tissue basah untuk membersihkan sisa make up juga sebaiknya dihindari. Beberapa tissue basah mengandung alkohol yang akan membuat kulit wajah menjadi lebih kering dan sensitif.  Selain mengandung alkholol, tissue basah juga tidak mampu mengangkat sisa make up atau kotoran dengan sempurna. Akibatnya, sisa kotoran yang masih menempel ini akan menyumbat pori-pori dan efeknya akan menimbulkan jerawat.
Menghilangkan jerawat memang bukan perkara yang mudah, yang terpenting untuk mencegah datangnya kembali, kita harus benar-benar memperhatikan kebersihan kulit wajah kita. Dimulai dari proses membersihkan wajah dari kotoran dan sisa make up, jangan lupa juga memperhatikan kebersihan sarung bantal atau seprei yang kamu gunakan setiap hari. 





No comments:

Post a Comment

Silakkan Subscribe untuk menuliskan komentar.

Note: Only a member of this blog may post a comment.