Home

Wednesday, December 12, 2018

Am Pm Skin Routine for Dry Skin Type

Pagi ini aku si Dm sama seorang temen. Dia nanya, apa aja sih produk Skincare yang bisa dipilih untuk Dry Skin Type.
Jawaban singkat udah aku bikinin higlightnya di Insta Storyku. Buat yang belum follow cuz ke @karensavitri87 yah. Aku bikin secara singkat, skincare apa aja sih yang bisa kamu pilih untuk menolong kulit yang kering.
perawatan untuk kulit kering


Kenapa Kulitmu Kering?
Ini yang harus kamu pastiin. Apa sumber masalah kulit kering kamu ? Aku hanya mengkatogorisasikan kulit kering berdasarkan 2 hal, yaitu salah pakai produk dan skin type asli kamu emang begitu.

Salah Pakai Produk.
Penggunaan produk yang tidak cocok bisa banget bikin kulit kita jadi kering. Masalahnya, kita kadang nggak aware dengan ini. Situasinya bisa jadi seperti ini, kamu pakai suatu produk yang pertama kali kamu coba nggak berefek apa-apa tapi lama kelamaan kulit wajahmu mulai mengelupas dan menjadi kering. Itu sering banget dialamin sama cewek-cewek. Atau situasi yang kedua, ketika kamu pakai suatu produk kamu bisa langsung ngerasain efek ketarik seperti kamu habis pakai masker putih telur. Kalau kulitmu kering karena produk, biasanya efeknya sebentar. Setelah penggunaan produk kamu hentikan, kulitmu akan kembali normal lagi.

Kamu Terlahir Dengan Kulit Wajah Kering
Kalau yang ini, kamu inget-inget deh, apakah dari dulu nih, dari jaman kamu remaja kamu sudah mengalami beberapa masalah seperti ini :

  1. Kulit kering cenderung kasar, bersisik dan terasa gatal
  2. Pori-pori dan garis-garis kulit terlihat jelas
  3. Kamu sendiri bisa melihat dengan jelas bagaimana pengikisan sel-sel kulit yang mati pada permukaan kulit.
  4. Ketika udara kering atau saat musim panas, wajamu menjadi makin menderita keringnya
  5. Di keluarga dekat ada juga anggota keluarga yang memiliki kondisi kulit yang sama.
Kondisi kulit yang kering ini juga akan bertambah efeknya kalau kamu memiliki kebiasaan seperti jarang menggunakan sunscreen ketika keluar rumah, sering mandi dan cuci muka dengan air panas terlalu lama, efek dari obat-obatan, atau pertambahan usia.

Kalau Kulit Kamu Kering
Duh, siapa yang suka bilang "Enak ya kulit kering, ngga kudu rempong ngelapin wajah sama oil paper tiap jam". Siapa bilang?! Kulit kering terasa begitu menyiksa karena selain kulit wajah yang mengelupas tidak sedap di pandang, kulit yang kering bisa juga membuat kita merasa gatal. Kalau kamu tau yah, gatal itu frekuensi paling rendah dari rasa sakit lho. Jadi ibarat katanya tuh, kulit kita lagi streching abis-abisan karena saking tidak adanya nutrisi yang terkunci di dalam lapisan kulit. Selain itu, kulit kering bikin make up nggak mau nempel. Perawatan kulit kering juga lebih rempong lho, karena ngga semua skin care mau masuk meresap ke lapisan kulit kita dengan mudah. Dan, yang paling nggak enaknya punya kulit kering adalah kamu keliatan lebih cepat keriput. Fufufufu

Apa yang harus dilakukan ?
Kalau kamu salah pakai produk, ya kamu harus mulai cek deh, produk mana yang bikin kulit kamu kering kerontang? Cermati deh, apakah setiap kali kamu habis cuci muka wajahmu seperti ketarik? Atau setelah kamu habis pakai Toner berasa perih ? Atau setelah kamu peeling rasanya kulit mengelupas makin banyak? Kalau ada tanda-tanda ini. Stop. Jangan sayang buat jual skincaremu di aplikasi preloved.

AM PM Routine for Dry Skin Type
Berikut ini ada beberapa produk yang bisa kamu coba untuk mengatasi kulit kering supaya kulit kering nggak merajalela.

Mulai dari membersihkan wajah
Katanya sih, untuk kulit kering sebaiknya menghindari facial foam. Tapi kalau aku pikir, sebenernya akan lebih baik kalau kita concern sama kandungannya ya. Cari pembersih wajah yang mengandung ekstra vitamin oil yang bisa menutrisi kulit double triple.

pembersih wajah kulit kering

Dove Beauty Moisture Facial Wash

100gr
*Untuk kulit normal, sensitif atau kering 
*Dengan Nutrium Moisture Beauty Serum 
*Efektif membersihkan sekaligus mengembalikan nutrisi hingga ke dalam 
*Untuk kulit halus dan lembut 
*Natural Flower Scent 
*Dermatologically Tested 
Bahan : Water, Petrolatum, Potassium Cocoyl Glycinate, Glycerin, Potassium Cocoate, Sodium Lauroamphoacetate, Acrylates Copolymer, Hydroxypropyl Starch Phosphate, Lauric Acid, Lauramidopropyl Betaine, Polybutene, Stearic Acid, Sodium Cocoyl Isethionate, Perfume, Sodium Chloride, Polyquaternium-6, Citric Acid, BHT, Tetrasodium EDTA, Coconut Acid, Sodium Isethionate, Magnesium Nitrate, Methylchloroisothiazolinone, Magnesium Chloride, Methylisothiazolinone
Harga Rp 30.000 - 39.000 (tergantung kamu beli dimana) 



innisfree untuk kulit kering
Innisfree Olive Real Cleansing Foam

150ml
* Cleansing foam yang memberikan kekayaan vitamin dan anti-oksidan dari olive! Cleansing foam dengan busa lembut dan kelembapan mendalam mampu membersihkan kulit dan pori dari sisa makeup dan kotoran tanpa membuatnya kering. 
* Golden Olive, olive terbaik dari yang terbaik. Lingkungan terbaik: tumbuh di pulau Crete, Yunani yang merupakan lingkungan terbaik bagi pertumbuhan tanaman olive Bahan : Water, Myristic acid, Glycerin, Stearic Acid, Potassium Hydroxide, PEG-32, Butylene Glycol, Olive oil PEG-8 esters, Glycol Distearate, Glyceryl Stearate, Disodium EDTA, Lauramide DEA, Cocoamidopropyl Betaine, Polyquaternium-7, PEG-100 Stearate, Sodium Benzoate
Harga Rp 130.000
laneige untuk kulit kering
Laneige Foam Cleanser Moisture EX
180 ml
* Busa pembersih untuk kulit kering dengan lapisan tebal dan efek yang melembabkan
* Busa yang tebal dan lembut membersihkan kulit sambil mempertahankan kelembapannya: air birch

* Sangat baik dalam membersihkan riasan dan kotoran pada kulit 
Bahan : Water, Glycerin, Stearic Acid, Myristic Acid, Butylene Glycol, Peg-32, Potassium Hydroxide, Lauryl Glucoside, Lauric Acid, Glyceryl Stearate, Peg-100 Stearate, Lauramide Dea, Cocamidopropyl Betaine, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Fragrance, Sodium Methyl Cocoyl Taurate, Peg-14m, Disodium Edta, Camellia Sinensis Leaf Extract, Lactobacillus/Water Hyacinth Ferment, Mannitol, Hydrolyzed Wheat Protein, Red 33 (Ci 17200), Yellow 5 (Ci 19140)
Harga Rp 230.000

wardah untuk kulit kering

Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Facial Wash

60 ml
  • Ekstrak Aloe Vera organik yang dikenal memberikan efek menenangkan dan melembabkan.
  • Perpaduan bahan pelembab pilihan dengan Natural Moisturizing Factor (NMF) bantu berikan kelembaban ekstra menenangkan sepanjang hari tanpa rasa lengket. 
  • Formula dengan komponen yang berasal dari asam amino hasilkan busa lembut yang bersihkan kotoran dan minyak (sebum) berlebih hingga ke dalam pori.
Bahan : Hydramild Aloe Vera Extract, Triple Hydrating Complex, Advanced DermaClear + Formula, etc
Harga Rp 15.000

Setelah membersihkan wajah, gunakan Essence.
Essence (dalam pengertian lama) merupakan produk dengan tekstur yang ringan dan less concentrated daripada serum. Essence biasanya digunakan setelah memakai toner untuk menambah lapisan hidrasi sebelum memakai serum. 
Akan tetapi pengertian essence sekarang jadi tidak jelas lantaran kandungannya mirip dengan serum, serta keduanya memberikan hasil yang sama. Beberapa pakar menyebut bahwa keduanya hanya strategi marketingsaja. Perempuan Korea mengenal essence, sementara perempuan Barat mengenal serum.
Kalau aku, aliran Essence, yang percaya bahwa Essence itu bisa membantu mempersiapkan kulit untuk bisa menyerap serum atau skincare lain setelah kita gunakan Essence. Jadi aku bisa bilang, Essence itu seperti booster untuk kulit wajah kamu supaya manfaat skincare yang lain lebih terlihat signifikan.

best essence
Secret Key Starting Treatment Essence

Aku ngga akan pernah lelah mengenalkan my Holy Grail ke kalian. Yap Secret Key Starting Treatment Essence ini penyelamat kulitku waktu perih, gatal dan kering setelah menggunakan obat jerawat. Essence ini memiliki 2 varian, yaitu Original dan Rose Edition. Bedanya ada di presents Galactomycesnya saja, kalo ngga salah Rose Edition lebih besar yaitu 94% Galactomyces. Gimana pengaruhnya ke aku, kamu bisa cek di tulisan ini.
150 ml
Fungsi produk:
  • Memutihkan/Mencerahkan
  • Menenangkan kulit yang sedang radang/merah2
  • Melembabkan
  • Memperbaiki tekstur dan elastisitas kulit
  • Mengandung 94% yeast ferment filtrate (pitera), essential amino acid, vitamin B,C,K yang menutrisi kulit dan mencerahkan wajah
  • Beta glucan dapat mencegah penuaan dini
  • Asam hyaluronic memberikan vitalitas kulit dan selalu membantu untuk menjaga kesehatan kulit
  • Sebagai anti aging & anti wrinkle
  • Membuat wajah lebih kenyal dengan merangsang stabilitas kulit Anda

Aku suka banget sama Secret Key STE ini karena bebas dari bahan berbahaya:
  1. No parabens
  2. No animal oils
  3. No mineral oils
  4. No benzophenones
  5. No flavorings
  6. No colorings
  7. No triethanolamines
  8. No phenoxyethanols
  9. No alcohol sulfates
HALAL
  1. Tidak mengandung minyak binatang dan alkohol
  2. Sudah terdaftar pada FDA Korea dan aman dipakai dari usia 17 tahun ke atas
Bahan : Galactomyces Ferment Filtrat, Dipropylene Glycol, Niacinamide, Gliserin, Citrus Grandis (Grapefruit) Extract, Acorus Gramineus Root / Extract Stem, Perilla Ocymoides Ekstrak Daun, Rosa Centifolia Bunga Air, Adenosine
Harga resminya Rp 499.000 (sekarang lagi Flash Sale di Sociolla jadi Rp 159.000 - 199.000 - cek promonya berkala ya)


essence untuk mengecilkan pori

Manyo Factory Galactomyces Niacin
50 ml
Manyo Factory Galactomyces Niacin adalah cairan yang mengandung konsentrasi murni 97% niacinamide yang membantu memperbarui lapisan kulit atas sehingga terlihat bersih dan cerah. Selain itu juga mengatasi pori-pori wajah yang besar dan tersumbat, menyamarkan tanda-tanda penuaan kulit seperti kulit kusam, membantu memudarkan bekas luka dan meminimalkan warna kulit tidak merata serta mengatasi kerutan. Aku pernah bikin reviewnya di sini.
Bahan : Galactomyces Ferment Filtrate, Niacinamide, Zanthoxylum Piperitum Fruit Extract, Pulsatilla Koreana Extract, Usnea Barbata (Lichen) Extract, Hamamelis Virginiana (Witch Hazel) Extract, Sodium Hyaluronate.
Harga Rp 198.000 (Original paling murah, di bawah itu agak meragukan kualitasnya) - Rp 200.000an 
essence untuk kulit berjerawat
Missha Time Revolution The First Treatment Essence
  • Soothing (menenangkan) 
  • Smoothing (melembutkan) 
  • Balancing Sebum Level (menyeimbangkan tingkat sebum) 
  • Moisturizing (melembabkan) 
  • Improving Skin Tone (meningkatkan warna pigmentasi kulit) 
  • Firming (membuat kulit lebih kencang) 
  • Wrinkle Repairing (Mengurangi kerutan) 
  • Boosting (mencerahkan) 
Mengandung Galactomyces sekitar 80%
Bahan : Saccharomyces Ferment Filtrate, Bigida Ferment Lysate, Propanediol, Niacinamide, Polyquaternium-51, Ulmus Davidiana Root Extract, Betaine, Amaranthus Caudatus Seed Extract, Pirper Methysticum Leaf/Root/Stem Extract, Beta vulgaris (Beet) Root extract, Phellodendron Amurense Bark Extract, Cassia Alata Leaf Extract, Hydrogenated Lecithin, Sodium Hyaluronate, Pentylene Glycol, Water, Trehalose, Disodium EDTA, Hydrolyzed Corn Starch, Adenosine, Ethylhexylglycerin, Butylene Glycol, Glycerin, Raffinose, Tromethamine, Acetic Acid, Lactic Acid, 1, 2-Hexanediol, Caprytyl Glycol, Hexapeptide-9 Phenoxyethanol, Potassium Sorbate
Harga Rp 400.000 (kalau lagi diskon ya, cek berkala) - Rp 700.000


Setelah Essence, Aplikasikan Serum
Buat aku, serum masih penting untuk di aplikasikan sih, karena konsentrasi serum biasanya lebih banyak dari Essence. Nah, yang aku pilih kadang Serum vs Moisturizer. Kamu boleh lanjut pakai Moisturizer kalau kamu berada di ruangan ber AC seharian. Ini penting, karena moisturizer memberikan kelembapan ekstra untuk kulit wajah kamu.

serum kulit kering
Innisfree The Green Tea Seed Serum

80 ml
I don't know, serum yang lain mungkin lebih risky dibanding serum ini. Serum dari Inisfree ini aman banget untuk kulit kering dan sensitif. Tapi buat kamu yang alerji sama tea tree, better coba Missha Time Revolution Borabit Ampoule ini.
Sangat cocok bagi kulit kering, kusam, dan dapat melembabkan, mengandung Amino acid yang sangat kaya sehingga sangat efektif sebagai pelembab kulit.
* Mengandung kandungan bahan alami dari kemurnian Jeju Green TeaTidak mudah menyebabkan alergi, dan Sangat lembut di wajah
Bahan : CAMELLIA SINENSIS LEAF EXTRACT(77.99%), PROPANEDIOL, ALCOHOL, GLYCERIN, BETAINE, 1,2-HEXANEDIOL, SACCHARIDE ISOMERATE, CAMELLIA SINENSIS SEED OIL, CETEARYL OLIVATE, HYDROGENATED LECITHIN, SORBITAN OLIVATE, ACRYLATES/C10-30 ALKYL ACRYLATE CROSSPOLYMER, FRAGRANCE / PARFUM, PANTHENOL, HYDROXYETHYL ACRYLATE/SODIUM ACRYLOYLDIMETHYL TAURATE COPOLYMER, TROMETHAMINE, CERATONIA SILIQUA GUM, DISODIUM EDTA, ETHYLHEXYLGLYCERIN, DEXTRIN, THEOBROMA CACAO (COCOA) EXTRACT, SORBITAN ISOSTEARATE, CITRIC ACID, SODIUM CITRATE, SUCROSE
Harga Rp 370.000 (web resmi)

serum untuk kulit kering

Missha Time Revolution Night Repair Borabit Ampoule

Aku pernah review Missha Time Revolution Night Repair Borabit Ampoule di sini.  Missha ini cocok untuk kamu yang punya kulit kering, arena kandungannya yang mangat kental, sehingga sangat menutrisi kulit wajah kamu.
  • Fermentasi Bifida, Lactobacillus dan Lactococcus untuk membuat kulit lebih sehat.
  • Bifida Ferment melindungi dan mencegah kerusakan kulit.
  • Lactobacillus Ferment berisi Peptida dan Vitamin B12 untuk meningkatkan kondisi kulit yang sehat. 
  • Saccharomyces Ferment Filtrat sebagai antioksidan untuk melembapkan dan melindungi kulit.
Bahan : Water, Bifida Ferment Lysate, Glycereth-26, Juniperus Chinensis Xylem Extract, Sorbus Commixta Extract, Bis-PEG-18 Methyl Ether Dimethyl Silane, Butylene Glycol, Niacinamide, Glycerin, Betaine, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Disodium EDTA, Silica, Tripeptide-1, Tripeptide-10 Citrulline, Hydrolyzed Soy Protein, Hydrolyzed Wheat Protein, Ceteth-3, Ceteth-5, PEG-5 Rapeseed Sterol, Caprylic/Capric Triglyceride, Limnanthes Alba (Meadowfoam) Seed Oil, Sea Water, Portulaca Oleracea Extract, Chamomile Flower Extract, Ethyl Hexanediol, Cyclopentasiloxane, Dimethicone, Glyceryl Polyacrylate, PEG-11 Methyl Ether Dimethicone, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, PPG-26-Buteth-26, Polysorbate 20. Cyclomethicone, Grifola Frondosa (Maitake) Mycelium Ferment Filtrate Extract, Ophioglossum Vulgatum Extract, Carbomer, Glyceryl Caprylate, Triethanolamine, Sodium Hyaluronate, Lactobacillus/Rice Ferment Filtrate, Portulaca Oleracea Extract, Lactobacillus/Soybean Ferment Extract, Saccharomyces/Viscum Album (Mistletoe) Ferment Extract, Yeast Ferment Extract, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Acacia Arabica Stem Bark Extract, Adenosine, Dimethiconol, Xanthan Gum, Cardiospermum Halicacabum Flower/Leaf/Vine Extract, Echium Plantagineum Seed Oil, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil Unsaponifiables, Octyldodecanol, Cyclomethicone, Dipropylene Glycol, Hydrogenated Lecithin, Tocopheryl Acetate, Alpha-Glucan Oligosaccharide, Cassia Alata Leaf Extract, Dextrin, Lactococcus Ferment Lysate, Laminaria Digitata Extract, Manilkara Multinervis Leaf Extract, Theobroma Cacao (Cocoa) Seed Extract, Lactobacillus Ferment, Lauryl Methacrylate/Glycol Dimethacrylate Crosspolymer, Saccharomyces Ferment Filtrate, Pogostemon Cablin Oil, Pseudoalteromonas Ferment Extract, Hydroxypropyltrimonium Maltodextrin Crosspolymer, Macadamia Seed Oil, Propylene Glycol, Retinol, Cholesterol, Beta-Sitosterol, Lecithin, Panthenol, Cucumis Melo (Melon) Fruit Extract, Ascorbyl Tetraisopalmitate, Ceteth-24, Choleth-24, Glyceryl Arachidonate, Glyceryl Linoleate, Glyceryl Linolenate, Ubiquinone, Cetyl Phosphate, Brassica Campestris (Rapeseed) Sterol, Sodium Ascorbyl Phosphate, Acetyl Hexapeptide-8, Copper, Amaranthus Caudatus Seed Extract, Biotin 
Harga Rp 499.000 - Rp 299.000 (harga terendah saat diskon, cek promo berkala)

Tetap menggunakan Sunscreen
Tetaplah menggunakan sunscreen untuk melindungi wajahmu dari efek buruk sinar matahari.

sunscreen terbaik
Sunscreen dari Skin Aqua

  • Hyaluronic Acid (AcHA) yang memberikan kelembapan dan kelembutan ekstra pada kulit.
  • Collagen sebagai bahan yang dapat menjaga elastisitas kulit.
  • Soothing Agents untuk menyejukkan kulit.
  • Vitamin E sebagai anti oksidan.
  • PA++ sebagai perlindungan optimal terhadap sinar UVA.
  • Tidak menggunakan pewarna, parfum, dan minyak mineral.
Kalau untuk kegiatan seharian pilih yang tutupnya pink (spf 25 ) tapi kalau mau panas-panas better ambil yang biru (spf 50)
Untuk kulit berminyak sebaiknya pakai yang ini untuk sehari-hari.

sunscreen murah


Bahan 

Ethylhexyl methoxycinnamat, 

Cyclopentasiloxan, 

Glycerin, 

Polysorbate 60

Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoat

,

Phenoxyethanol

Hydrogenated, lecithin

Triethanol amine, 

Methylparabe, 

Propylparaben, 

Tocopheryl Acetate, 

Glyceri, 

PEG-crosspolymer

Harga Rp 47.000 - Rp 62.000

sunscreen bagus
Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++
50 g
Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++ merupakan water-based sunscreen yang sangat nyaman digunakan karena tidak lengket, tidak meninggalkan white cast dan juga tidak greasy. Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++ digunakan pagi hari setelah skincare routine dan sebelum make up. Sunscreen ini tidak waterproof, jadi kalau buat berenang masih kurang
Bahan : Ingredients: Water, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Alcohol, Lauryl Methacrylate/Sodium Methacrylate Crosspolymer, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Dimethicone, Acrylates/C10-30 Acrylate Crosspolymer, Glyceryl Stearate, Agar, Polyvinyl Alcohol, Sodium Hyaluronate, Citrus Grandis, Citrus Medica Limonum, Citrus Aurantium Dulcis, Xylitol, Butylene Glycol, Propylene Glycol, Sodium Hydroxide, Potassium Hydroxide, Phenoxyethanol, Disodium EDTA, BHT, Fragrance
Harga Rp 116.000 - 125.000

Lalu untuk AM Routine kamu bisa langsung pakai make up kamu. Sementara untuk PM Routine, penggunaan sunscreen kamu bisa skip dan diganti Sleep Mask.

Sleep Mask
Sleep mask aku gunakan untuk mengunci skincare yang aku pakai sebelumnya sehingga semua kandungan yang ada di skincare cepat meresap ke dalam kulit. Jadi biar sepanjang malam, semua khasiat skincare yang aku pakai bisa memberikan hasil yang signifikan di pagi harinya.


masker malam hari

Laneige Water Sleeping Mask
70 ml
Laneige Water Sleeping Mask, cream mask mengandung ekstrak enzim yang difermentasi, formulanya dapat menjadikan kulit lebih cemerlang dan elastis secara instan. Ekstrak 5 tumbuhan Alpha Hydroxi Acids (AHA) yang bermanfaat dalam pengelupasan, akan mengangkat lapisan sel kulit mati beserta sebum dan mencerahkan kulit sepanjang malam.
Tidak Ada Lagi Sel Kulit Mati

Active Water Sleeping Pack memiliki kandungan yang aktif bekerja mengangkat serta menghilangkan sel-sel kulit mati. Sel kulit mati inilah yang menjadikan wajah tampak kusan dan tidak bercahaya, serta menghambat peresapan vitamin atau perawatan lainnya. Dengan AHA alami yang terkandung di dalamnya, Active Water Sleeping Pack mempu mengikis sel kulit mati dan sebum atau minyak berlebih secara halus, menjadikan kulit lebih cerah dan segar.

Kandungan Mineral
Selain ekstrak bahan alami yang ampuh, terdapat pula kandungan mineral yang akan menyeimbangkan dan mengembalikan kelembapan serta kesegaran kulit wajah.

Tips Penggunaan
Active Water Sleeping Pack digunakan setelah toner pagi atau malam. Tuangkan secukupnya di telapak tangan Anda dan ulaskan secara merata di area wajah dan leher. Tidak perlu dibilas lagi.

Bahan : WATER / AQUA / EAU, BUTYLENE GLYCOL, CYCLOPENTASILOXANE, GLYCERIN, CYCLOHEXASILOXANE, TREHALOSE, SODIUM HYALURONATE, OENOTHERA BIENNIS (EVENING PRIMROSE) ROOT EXTRACT, PRUNUS ARMENIACA (APRICOT) FRUIT EXTRACT, BETA-GLUCAN, CHENOPODIUM QUINOA SEED EXTRACT, ASCORBYL GLUCOSIDE, MAGNESIUM SULFATE, ZINC SULFATE, MANGANESE SULFATE, CALCIUM CHLORIDE, POTASSIUM ALGINATE, AMMONIUM ACRYLOYLDIMETHYLTAURATE / VP COPOLYMER, POLYSORBATE 20, DIMETHICONE, DIMETHICONOL, DIMETHICONE / VINYL DIMETHICONE CROSSPOLYMER, PROPANEDIOL, ETHYLHEXYLGLYCERIN, STEARYL BEHENATE, POLYGLYCERYL-3 METHYLGLUCOSE DISTEARATE, HYDROXYPROPYL BISPALMITAMIDE MEA, INULIN LAURYL CARBAMATE, ALCOHOL, 1,2-HEXANEDIOL, CAPRYLYL GLYCOL, CARBOMER, TROMETHAMINE, DISODIUM EDTA, PHENOXYETHANOL, FRAGRANCE / PARFUM, BLUE 1 (CI 42090)
Harga Rp 400.000 an (sekarang Des 2018 lagi promo harbolnas jadi RP 375.000 dengan free produk lainnya)

And thats a wrap. Semoga membantu yah

No comments:

Post a Comment

Silakkan Subscribe untuk menuliskan komentar.

Note: Only a member of this blog may post a comment.